5 Cara Cerdas Didik Si Kecil Menurut Ajaran Islam

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Cerdas Didik Si Kecil Menurut Ajaran Islam
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mendidik anak agar paham tentang ajaran-ajaran Islam tentu bukan perkara yang mudah bagi orang tua Muslim. Misalnya mengajarkan tata cara salat, pendidikan moral, dan membaca Alquran yang baik sesuai dengan ajaran Islam.

Di zaman seperti sekarang ini sangat sulit untuk bisa menunjukkan kepada anak-anak tentang lingkungan Islam yang ideal. Apalagi, anak-anak sangat mudah terpengaruh dengan kondisi lingkungan di sekitar mereka. Seperti di lingkungan sekolah, media, teman, bahkan anggota keluarga sendiri, terkadang susah menampilkan bagaimana seorang muslim yang baik.

Untuk itu, peran orang tua sangat penting dalam menentukan karakter anak yang mengerti nilai-nilai Islam sampai mereka dapat mengamalkannya. Memberikan contoh dan menunjukkan pilihan-pilihan terbaik kepada anak bisa menjadi solusi bagi para orang tua.

Nah, berikut ini lima cara mendidik anak dalam Islam menurut Yayasan Penny Appeal, seperti dilansir Dream.co.id dari The Muslim Vibe:

Salat yang Kid-friendly

Gerakan dan bacaan salat mungkin akan sulit dipelajari oleh pemula, seperti anak-anak. Namun, ada cara mudah membantu anak dalam memahami makna salat. Ajak anak untuk menunaikan salat bersama, namun jangan pernah paksa mereka dan menakuti dengan berbagai ancaman. Hal tersebut dapat membuat anak ketakutan.

Adapun cara mudah yang bisa dilakukan orang tua adalah dengan memberikan contoh yang baik, ajak anak pelan-pelan tanpa paksaan. Apabila diperlukan, ajarkan mereka dan beri contoh melalui mainannya. Seperti boneka, dan mainan yang dibuat khusus untuk belajar salat bagi anak-anak.

Dengan mengajarkan salat, anak-anak akan mempelajari banyak hal. Seperti perbedaan posisi imam dan makmum, yakni soal kepemimpinan. Dan masih banyak hal lagi pelajaran yang akan diambil oleh anak, apabila orang tua memberikan penjelasan yang baik tentang makna dari salat.

Baca Juga: 3 Bimbingan Orang Tua Pada Anak Agar Berakhlak Mulia

Ajarkan Hadis

Ada banyak hadis-hadis indah yang bisa orang tua bagikan kepada anak. Tentunya hadis tersebut dipenuhi dengan kebijaksanaan Rasulullah, yang bisa menjadi contoh baik bagi anak.

Sebagaimana yang dijelaskan dalam sebuah hadis cara yang baik untuk anak dalam mempelajari persamaan dan kasih sayang, “Salah seorang di antara kalian tidaklah beriman (dengan iman sempurna) sampai ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri” (HR. Bukhari no. 13 dan Muslim no. 45).

Masih banyak contoh hadis lainnya yang bisa orang tua ajarkan kepada anak. Untuk mempermudah orang tua dalam mencari hadis yang baik, ada banyak judul buku kumpulan hadis untuk anak yang bisa dibeli di toko buku terdekat.

Menceritakan Pengalaman Orang Tua

Sebagai seorang yang sudah dewasa, orang tua pasti punya lebih banyak pengalaman yang menginspirasi. Cerita-cerita pengalaman yang mengesankan dan terinspirasi dari Alquran mungkin bisa dicertikan pada sang anak.

Bercerita kepada anak, hal itu berarti orang tua juga harus memperluas wawasannya dengan membaca. Baca buku-buku inspiratif dan judul buku anak Islami lainnya.

Bercerita kepada anak tentang cerita-cerita hebat yang inspiratif bisa menjadi cara mudah dan menyenangkan untuk mendidik anak sesuai dengan ajaran Islam.

Mengenalkan Tokoh-tokoh Islam

Di zaman globalisasi seperti saat ini, arus informasi menjadi sangat cepat, luas, dan mudah diakses. Begitupun anak-anak yang cenderung penasaran dengan hal-hal baru, seperti apa yang ada di televisi maupun di gadget. Dengan membatasi akses informasi saja, tidak akan cukup mengurangi rasa penasaran anak.

Kenalkan tokoh-tokoh Islam atau selebriti Islam yang bisa menjadi contoh dan sumber informasi bagi anak. Tidak hanya ditayangkan di TV saja, pada channel Youtube-pun banyak tokoh-tokoh Islam yang ramah anak.

Mulai dari Diri Orang Tua

Anak-anak akan lebih percaya pada apa yang dilakukan dan diucapkan orang tua. Dan, cara mendidik anak menurut ajaran Islam yang baik adalah dengan memperkuat Iman Orang Tua. Anak-anak akan mencontoh apa yang dilakukan dan diucapkan orang tua mereka. Maka dari itu, sebagai orang tua Muslim harus berhati-hati bertindak dalam segala hal.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.