5 Cara Cerdas Hindari Misinformasi di Internet

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Cerdas Hindari Misinformasi di Internet
Ilustrasi (hot liputan6.com)

PortalMadura.Com – Saat ini banyak kebohongan atau yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab demi keuntungan pada dirinya sendiri. Padahal keadaan itu bisa mengurangi kepercayaan masyarakat penerima informasi.

Oleh karena itu, agar Anda terhindar dari kebohongan yang dilakukan segelintir orang demi kepentingan sendiri maka Anda perlu melakukan cek fakta agar bisa tahu ini misinformasi atau informasi yang valid.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.Com, berikut beberapa cara mendeteksi misinformasi di .

Cari Tahu Sumbernya

Pernahkah Anda menemukan cerita mengejutkan dari situs web yang sama sekali belum pernah Anda dengar? Pertama, cek apakah sumbernya itu valid.

Setelah mencari sumbernya, Anda bisa mengetuk ikon menu yang ada di samping sumber untuk mempelajari hasilnya lebih lanjut (saat ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris di Amerika Serikat).

Jika hasilnya diklik, Anda bisa melihat informasi mengenai situs tersebut di bagian “About this result” (Tentang hasil ini), tetapi sebaiknya cari lagi informasi di tempat lain.

Anda bisa mencari informasi lebih lanjut tentang suatu situs dengan meminta Google untuk menghapus hasil penelusuran dari domain yang bersangkutan.

Misalnya, jika Anda ingin mencari informasi tentang YouTube dari situs lain, Anda bisa meminta Google untuk menghapus hasil penelusuran dari domain youtube.com.

Cek Gambar

Satu gambar bisa bermakna 1.000 kata. Namun, gambar juga bisa diambil di luar konteks atau diedit untuk menyesatkan orang yang melihatnya.

Anda bisa menelusurinya dengan menggunakan gambar. Caranya klik kanan pada gambar atau foto, lalu pilih “Telusuri gambar ini di Google“.

Anda juga bisa melakukannya di smartphone dengan menyentuh lama gambar tersebut. Tindakan ini akan menelusuri gambar dan memeriksa apakah gambar tersebut pernah muncul di internet dan dalam konteks apa, sehingga Anda bisa tahu jika makna gambar telah diubah dari aslinya.

Lihat Liputan Berita

Jangan terpaku pada satu sumber saja. Lihat bagaimana (dan apakah) situs berita lainnya juga mewartakan peristiwa yang sama sehingga Anda bisa tahu gambaran besarnya.

Beralihlah ke mode berita atau telusuri suatu topik di news.google.com. Pastikan untuk mengklik “Liputan Lengkap” jika opsi ini tersedia.

Tanyakan Kepada Pengecek Fakta

Pengecek fakta mungkin sudah pernah membahas cerita aneh yang Anda dapatkan dari orang lain atau grup chat, sehingga Anda bisa tahu kebenarannya.

Coba periksa topik mencurigakan di Fact Check Explorer yang mengumpulkan lebih dari 100.000 verifikasi informasi dari penerbit berita kredibel di seluruh dunia, atau cekfakta.com yang merupakan kolaborasi 24 redaksi berita Indonesia yang dibentuk pada 2018.

Gunakan Google Maps, Earth, atau Street View untuk Verifikasi Lokasi

Cerita bohong tentang peristiwa yang terjadi di tempat yang jauh dapat cepat menyebar karena kurangnya pemahaman kita tentang lokasinya.

Jika Anda ingin tahu apakah sebuah foto benar-benar diambil dari lokasi yang diklaim, coba periksa di Google Earth atau lihat Street View lokasinya di Google Maps.

Anggap saja seorang teman mengirimi Anda artikel bahwa ada Bigfoot terlihat sedang berjalan-jalan di Menara Eiffel di Paris, Prancis.

Untuk mengecek kebenarannya, Anda bisa menelusuri Menara Eiffel di Street View untuk memastikan kalau tidak ada topi koboi merah besar di puncak menara (seperti yang ada di Paris, Texas). Kalau bagian itu saja sudah tidak benar, bisa jadi isi artikelnya juga mencurigakan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.