oleh

5 Cara Cerdas Pilih Masker agar Tak Timbul Jerawat

PortalMadura.Com – Saat ini pemakaian masker sangat dianjurkan apalagi ketika keluar rumah. Melakukan aktivitas sehari-hari harus menggunakan masker dan mematuhi protokol kesehatan. Ini semua dilakukan karena adanya pandemi covid 19.

Namun bagi Anda yang mempunyai kulit sensitif atau berjerawat, sebaiknya memilih masker yang aman dan tidak menimbulkan jerawat. Lantas, bagaimana cara memilih masker yang tepat? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com,berikut ini penjelasannya:

Menggunakan Masker Sekali Pakai

Terdapat berbagai jenis masker yang bisa Anda gunakan seperti masker kain atau masker sekali pakai. Masker sekali pakai bisa Anda gunakan untuk mencegah munculnya jerawat pada saat memakai masker seharian.

Hal ini bisa menjadi efektif karena masker sekali pakai hanya dapat digunakan dalam beberapa jam tertentu sehingga kotoran tidak akan bertahan lama pada wajah. Gunakan masker sekali pakai yang memiliki bahan lembut dan pastinya tebal untuk mencegah masuknya virus.

Menggunakan Masker Model 3D

Masker model 3D merupakan jenis masker yang memiliki bentuk seperti paruh karena memiliki ukuran yang cukup besar untuk daerah hidung dan mulut. Terdapat ruang yang cukup besar pada area bibir dan hidung dapat memperkecil kemungkinan terjadinya gesekan antara kulit dan masker.

Karena masker 3D memiliki ukuran yang cukup besar, sirkulasi udara yang ada akan lebih baik dan tidak membuat sesak. Selain itu, kulit tidak akan mudah lembap sehingga cocok digunakan untuk mencegah munculnya jerawat.

Memilih Masker Berbahan Katun

Tidak semua jenis kain bisa digunakan sebagai masker karena memiliki tingkat ketebalan yang berbeda-beda dan juga tekstur yang berbeda. Untuk mencegah munculnya jerawat pada wajah, Anda bisa menggunakan kain katun yang memiliki tekstur lembut.

Kain berbahan katun juga akan nyaman digunakan karena tidak akan membuat pernafasan menjadi sesak pada saat pemakaian masker. Selain itu, bahannya yang lembut akan mencegah kulit mengalami iritasi dan munculnya jerawat.

Gunakan Masker Kain Berwarna Polos

Memakai masker kain tanpa warna atau berwarna polos merupakan hal yang harus Anda lakukan. Pasalnya, menggunakan masker kain yang memiliki berbagai macam warna dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah.

Hal ini dikarenakan pewarna pada kain dapat berbahaya untuk kulit wajah, meskipun terlihat stylish dan lucu pewarna ini dapat menimbulkan iritasi dan menyumbat pori-pori.

Mencuci Masker dengan Cara yang Benar

Kelebihan dari menggunakan masker kain yaitu bisa di cuci setelah pemakaian. Untuk tetap menjaga kebersihan yang ada pada masker, maka Anda perlu untuk mencuci dengan bersih masker yang telah dipakai selama seharian.

Jangan menggunakan detergen atau pewangi pada saat mencuci masker karena dapat meninggalkan residu pada masker. Residu inilah yang dapat memicu munculnya jerawat pada wajah.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Popmama.Com

Komentar