oleh

5 Cara Cerdas yang Perlu Dilakukan Saat Wawancara Agar HRD Terpukau

PortalMadura.Com – Salah satu tahapan dalam pencarian kerja yang cukup menantang dan rumit, yaitu wawancara kerja. Sebab, semua mempunyai tahapan-tahapan, sang penilai bisa melihat jelas kepribadian dan cara seseorang mempresentasikan dirinya, untuk kemudian dinilai apakah pantas atau tidak untuk bergabung dengan sebuah perusahaan.

Tahapan ini juga menjadi krusial, karena akan memperlihatkan siapa diri Anda sesungguhnya sebagai calon karyawan di sebuah perusahaan. Karena itu, persiapkan diri Anda sebaik mungkin dalam wawancara.

Nah, salah satu persiapan terbaik adalah dengan memahami jenis dan tipe pertanyaan yang paling sering diajukan dalam wawancara. Tidak hanya memahami pertanyaannya, tapi juga mempersiapkan jawabannya dengan baik.

Berikut lima cara yang perlu Anda lakukan saat wawancara untuk membuat HRD (Human Resources Departement) terpukau:

Kesan Pertama
Banyak orang yang menyepelekan kesan pertama pada saat ingin interview. Pada kesan pertama, Anda harus memerhatikan mata si pewawancara. Jangan lupa untuk tersenyum dengan percaya diri, berdiri tegak, dan berjabat tangan terlebih dahulu dengan pewawancara. Hadir dengan rasa semangat dalam bekerja, antusiasme dan menjaga kontak mata dengan pewawancara.

Menunjukkan Kelebihan Anda
Orang yang sedang di panggil dalam interview, biasanya ia ditanya mengenai kemampuan yang Anda punya pada diri Anda. Bahkan si pewawancara tersebut, terkadang suka memberikan pertanyaan-pertanyaan yang menjebak bagi seorang interview.

Seperti contoh: “Saat di interview Anda harus menjelaskan mengenai keterampilan, pengalaman bekerja pada diri Anda”.

Mencari Informasi Perusahaan yang ingin di Interview
Saat ini, seorang interview biasanya mencari informasi perusahaan tersebut sebelum datang untuk interview. Mereka menggali informasi itu supaya mengetahui keunggulan perusahaan, bagaimana dinamika di dalam perusahaan dan strategi yang di gunakan pada perusahaan.

Menunjukkan Kelemahan Anda
Ketika Anda sedang di tanya apa kelemahan Anda?. Pasti Anda akan tersandung pada pertanyaan yang dilontarkan dan tidak dapat memberikan jawaban yang jujur. Padahal ia akan mengeluarkan jawaban yang jujur seperti “Saya cepat marah.” Namun seorang pewawancara justru lebih tertarik dengan para interview yang memberikan jawaban dengan terbuka dan jujur.

Baca Juga: Hindari Pakai 5 Kalimat Ini Ketika Wawancara Kerja

Informasi Media Sosial pada Anda
Media sosial merupakan sarana penyampaian pesan Anda pada publik. Bagaimana tidak, suatu perusahaan pastinya akan menanyakan aplikasi atau sosial media apa yang Anda gunakan. Perusahaan pastinya akan melihat aktifitas Anda sehari-hari dalam media sosial, seperti apa calon karyawan yang akan direkrut.

Rewriter : Salimah
Sumber : okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar