5 Cara Didik Si Kecil Supaya Lebih Disiplin Mulai Usia Dini

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Didik Si Kecil Supaya Lebih Disiplin Mulai Usia Dini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Melahirkan anak dengan tumbuh kembang yang baik dan memiliki pribadi yang disiplin serta membanggakan merupakan impian setiap orang tua. Tidak heran, jika ada beberapa orang tua yang rela mengorbankan banyak hal untuk bisa mewujudkan impiannya tersebut. Mulai dari mendidiknya sendiri dengan penuh kehati-hatian, hingga menitipkannya di dunia pendidikan formal.

Mendidik anak agar menjadi pribadi yang disiplin dan membanggakan memang bukan hal yang mudah. Orang tua pun perlu mendidiknya sedini mungkin, supaya si kecil mulai terbiasa tentang kedisiplinan sejak dini. Lantas, bagaimana caranya?.

Berikut ini lima cara yang bisa Anda lakukan untuk membiasakan kedisiplinan pada anak sejak usia dini, seperti dikutip Fimela.com dari Parents.com:

Konsisten dalam Menasihati Anak

Saat Anda ingin agar si kecil lebih disiplin dan memahami apa yang menjadi kemauan Anda, Anda harus konsisten dalam menasihati si kecil. Khususnya ketika menasihati anak tidak boleh dengan kata-kata kasar, atau marah-marah menggunakan suara tinggi.

Pasalnya, menasihati anak dengan sikap tenang justru akan membuat si kecil lebih memahami perintah dan larangan dari Anda.

Ikuti Pola Pikir Anak

Seorang spesialis perkembangan anak, Claire Lerner, melalui WebMD mengungkapkan, mengikuti pola pikir anak dapat membuat si kecil lebih disiplin. Karena itu saat Anda menginginkan hal ini, jangan mudah marah, menghakimi atau bahkan menghukum anak jika membuat rumah berantakan, mencoret-coret tembok atau melakukan kesalahan lainnya.

Ketika anak berbuat salah, Anda cukup menasihati si kecil dan perlu mengikuti apa yang diinginkan mereka. Namun bila keinginan tersebut tidak baik, Anda bisa menasihati dan menyadarkan anak bahwa apa yang dilakukannya tidak baik.

Abaikan Anak Saat Merasa Buruk

Saat menangis karena dimarahi, mayoritas dari Anda biasanya merasa sangat kasihan dan tidak tega. Padahal, Anda perlu bersikap lebih bijak dan mengabaikannya ketika anak merasa buruk untuk sementara waktu.

Mengabaikan anak akan membuatnya menyadari bahwa kesalahannya tidak bisa dimaafkan dan mereka tidak boleh mengulanginya lagi. Mengabaikan anak untuk sementara waktu akan membuatnya menyadari dampak dari yang dilakukannya.

Baca Juga: Moms, Ini 3 Cara Tepat Ajarkan Disiplin Pada Anak

Biarkan Anak Menghadapi Masalahnya Sendiri

Saat anak melakukan kesalahan dan mereka harus menghadapi konsekuensi atas apa yang mereka lakukan, biarkan anak untuk menghadapi masalahnya sendiri. Bila anak salah, maka Anda harus memberinya pengertian bahwa yang dilakukannya salah. Jangan memanjakan anak apalagi membela anak saat mereka salah. Hal ini justru akan membuatnya semakin tidak disiplin, bahkan bisa membangkang pada Anda dan juga orang-orang di sekitarnya karena anak merasa ada yang siap membelanya.

Cerminkan Perilaku Anak

Apabila si kecil kerap mengamuk dan menolak jika diminta melakukan sesuatu, Anda juga harus menolak jika anak meminta sesuatu. Hal ini perlu Anda lakukan agar bisa membuat anak lebih peka dan memahami apa yang mereka lakukan serta dampaknya.

Nah, lima cara di atas bisa Anda terapkan untuk mendisiplinkan si kecil sejak dini. Selain itu, Anda harus selalu mengawasi dan memantau tumbuh kembang anak. Sebab, peran Anda dalam membentuk karakter anak menjadi lebih baik itu sangat penting.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.