5 Cara Jitu Bersihkan Laptop yang Patut Anda Coba, Apa Saja?

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Jitu Bersihkan Laptop yang Patut Anda Coba, Apa Saja?
ilustrasi

PortalMadura.Com – Apakah Anda termasuk salah satu orang yang rajin membersihkan laptop yang digunakan setiap hari?. Sayangnya, mayoritas dari Anda pasti jarang membersihkan kotoran debu atau remahan makanan yang terjatuh di keyboard, bahkan yang menempel di laptop dan bagian lainnya.

Parahnya lagi kalau dibiarkan, kotoran yang menempel tentu bakal membuat laptop yang digunakan kurang nyaman dipakai atau dipandang. Hal ini berdasarkan laporan tim peneliti IT pada 2016, keyboard komputer berpotensi menjadi ‘rumah’ bagi banyak kuman, serupa dengan tempat duduk toilet.

Untuk itu, tidak ada salahnya seminggu sekali membersihkan laptop. Ada baiknya sebelum dibersihkan, Anda mematikan atau mencabut baterai laptop agar tidak bermasalah.

Baca: Guys, Ini 4 Cara yang Benar Bersihkan Laptop

Nah, berikut ini lima cara paling jitu membersihkan laptop:

Casing Laptop
Pastikan mematikan laptop Anda terlebih dahulu. Saat dalam keadaan mati, ambil kain dan spons untuk membersihkan debu dari casing laptop. Usahakan untuk menggunakan seminimal mungkin pembersih berbahan cairan yang lebih kuat dari sabun yang dilarutkan.

Ada baiknya Anda menghindari penggunaan alkohol atau pembersih yang mengandung zat hidrogen peroksida ketika membersihkan layar laptop. Setelah membersihkan bagian casing laptop dengan kain lembap, ada baiknya untuk dibersihkan kembali menggunakan kain kering. Hal ini untuk menyingkirkan cairan yang menempel di casing laptop.

Hati-hati Bersihkan Layar
Layar laptop termasuk bagian yang sensitif dibersihkan. Ada baiknya Anda sedikit berhati-hati saat membersihkan layar, khususnya material bahan yang digunakan. Anda bisa memakai kain mikrofiber yang dibasahi air. Jika keduanya masih gagal, gunakan tisu khusus pembersih layar.

Baca: Inilah Cara Membersihkan Layar Komputer

Bagian Keyboard
Selanjutnya, membersihkan kotoran dari keyboard harus perlahan-lahan agar air tidak masuk ke bagian dalam. Gunakan sekaleng udara terkompresi atau perangkat vakum kecil untuk menyingkirkan remah-remah yang mungkin terganjal di antara tombol keyboard.

Posisikan keyboard pada sudut 75 derajat saat menyemprotkan udara ke dalam, dan putar laptop perlahan untuk membersihkan remah-remah yang membandel di dalam.

Setelah itu, oleskan korek kuping dengan alkohol untuk membersihkan lemak atau minyak yang membandel di antara tombol. Usahakan untuk tidak terlalu banyak menggunakan alkohol, dan jangan sekalipun menempelkan korek kuping ke dalam keyboard.

Baca: 3 Cara Bersihkan Keyboard Laptop dari Debu

Trackpad
Bagian terakhir yang wajib Anda bersihkan adalah trackpad di bagian bawah keyboard. Untuk melakukannya, persiapkan kain basah yang bebas serat. Untuk membersihkan minyak dari jari yang menempel di trackpad, ada baiknya Anda menggunakan alkohol atau air.

Hapus File yang Tidak Digunakan
Setelah semua bagian luar laptop sudah dibersihkan, ada baiknya Anda sekaligus membersihkan ‘sampah digital’ agar laptop bekerja dengan mulus. Hapus semua file yang tidak digunakan, bersihkan folder Recycle Bin, dan hapus file download-an yang sudah tidak diperlukan. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.