5 Cara Jitu Hemat Baterai Ketika Main Gim

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Jitu Hemat Baterai Ketika Main Gim
ilustrasi

PortalMadura.Com – Selain performa ponsel yang lemot, daya tahan baterai yang lemah juga bisa menjadi salah satu hal yang mengganggu saat bermain gim. Belum lagi, ketika asyik bermain, justru ponsel tiba-tiba mati karena kehabisan baterai. Menyebalkan, bukan?.

Maka dari itu, agar bisa menikmati gim tanpa diganggu daya tahan baterai, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan para pecinta gim. Sejumlah cara ini dijamin bisa membantu Anda menghemat baterai ketika bermain gim.

Apa saja?. Berikut ini lima cara untuk menghemat baterai ketika bermain gim:

Aktifkan Mode Hemat Baterai
Cara pertama untuk menghemat baterai saat bermain gim ini tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Cukup dengan mengaktifkan mode Power Saver Mode atau Battery Saver. Hampir semua smartphone memiliki fitur ini, meski di beberapa perangkat memiliki nama berbeda.

Oh iya, kemungkinan cara untuk mengaktifkan fitur ini di setiap smartphone pasti berbeda. Namun biasanya bisa diaktifkan di menu Pengaturan -> pilih Baterai -> kemudian Power Save Mode atau nama lain yang berfungsi untuk menghemat daya baterai.

Atur Grafis Gim ke Mode Low
Langkah kedua yang bisa dilakukan, dengan mengubah pengaturan grafis gim ke mode Low. Namun dengan mode ini, gamer memang tidak mendapatkan kepuasaan dibandingkan dengan grafis HD yang memukau ketika seperti bermain PUBG atau Ahspalt 8. Sebenarnya, sekalipun mengubah grafis ke mode Low, keseruan bermain gim tidak akan terlalu berkurang.

Opsi lain, beberapa gim seperti PUBG menyediakan pengaturan grafis medium jika Anda merasa pengaturan Low terlalu menganggu. Namun, menerapkan grafis gim ke yang paling rendah akan membuat baterai menjadi lebih awet dan ponsel tidak menjadi cepat panas.

Baca Juga: 3 Aplikasi yang Bikin Baterai Smartphone Anda Cepat Habis

Aktifkan Flight Mode
Ini merupakan cara yang juga cukup ampuh untuk membuat pengalaman bermain gim menjadi lebih baik. Cara ini bisa digunakan ketika sedang push rank atau mengejar naik level dengan cepat saat bermain gim.

Aktifnya Flight Mode plus WiFi (jika bermain gim online di smartphone) saat bermain gim, akan jauh membuat Anda menghemat baterai karena tidak akan menerima panggilan telepon atau SMS.

Ketika Flight Mode diaktifkan, maka jaringan seluler akan secara otomatis diblokir. Hal ini akan membuat jaringan lebih stabil, karena naik turunya sinyal atau jaringan internet seluler akan berpengaruh terhadap daya tahan baterai.

Tutup Aplikasi Lain
Cara keempat adalah dengan menghentikan atau keluar dari semua aplikasi yang sedang dibuka. Bagi pengguna Android, adanya aplikasi yang berjalan di background akan sedikit berpengaruh terhadap performa ponsel. Ketika tidak ditutup, maka sistem Android akan tetap bekerja di aplikasi-aplikasi tersebut. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap daya tahan baterai.

Turunkan Tingkat Kecerahan Layar
Hal ini sebenarnya bukan rahasia lagi. Sudah banyak yang mengetahui tingkat kecerahan layar juga dapat memengaruhi daya tahan baterai. Semakin rendah tingkat kecerahannya, akan membuat baterai ponsel bertahan lebih lama.

Ketika membuat kecerahan layar di tingkat maksimal, Anda mungkin akan merasa lebih nyaman. Namun, hal ini justru membuat daya baterai menjadi lebih cepat habis.

Oleh sebab itu, sebaiknya cari tempat terang dan cukup cahaya ketika bermain gim. Jadi, sekalipun tingkat kecerahan layar diturunkan, Anda tetap bisa memainkam gim yang ada di ponsel dengan nyaman. Selamat mencoba!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.