oleh

5 Cara Jitu Hindari Mabuk Perjalanan Ketika Mudik Lebaran

PortalMadura.Com – Anda sudah bersiap-siap untuk pulang kampung?. Baik itu mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, kereta maupun pesawat, mabuk perjalanan bisa saja terjadi di mana saja dan pada siapa pun.

Perasaan lemas, pusing, hingga muntah menjadi rangkaian yang tidak bisa dipisahkan saat terjadi mabuk perjalanan. Apalagi, mabuk perjalanan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, di mana biasanya pemicu mabuk perjalanan ini karena ketidakseimbangan dalam pengiriman pesan ke otak.

Seperti terjadinya perubahan suhu di dalam kendaraan yang merangsang labirin dalam otak dan menyebabkan mual hingga mabuk perjalanan. Bisa juga disebabkan perubahan hormon atau kebiasaan bermain gadget. Nah, Anda tidak mau perjalanan menjadi kacau hanya karena muntah sepanjang perjalanan?.

Baca Juga: Guys, Ini 3 Rempah Lezat yang Ampuh Atasi Mabuk Saat Perjalanan Mudik

Berikut ini lima cara hindari mabuk perjalanan saat mudik menurut Dr. Johan Akbari Sp.S:

Loading...

Istirahat
Dianjurkan untuk beristirahat sebelum berangkat bepergian. Istirahat diperlukan agar stamina stabil.

Makan Secukupnya
Jangan makan terlalu berlebih, cukup makan dan minum sepertiga saja agar asam lambung tidak meningkat.

Konsumsi Obat Anti Mabuk dan Tahu Tujuan
Jika sering pusing atau mabuk, sebaiknya konsumsi obat anti mabuk. Tapi jika yang mabuk membawa kendaraan, hindari mengonsumsi obat. Cukup istirahat di beberapa titik rest area yang tersedia, atau tidur sekitar 15 menit. Penting juga mengetahui tujuan, sehingga bisa mengatur waktu istirahat.

Posisi Duduk
Jika mudah mabuk, sebaiknya jangan duduk dalam posisi miring. Usahakan tubuh dalam posisi tegak lurus ke arah depan. Jika kepala memutar karena tidur, sebaiknya letakkan bantal di leher. Pilih tempat duduk di bagian depan karena pandangan yang luas bisa mengalihkan perhatian, serta tidak terkena guncangan dari ban.

Hindari Membaca atau Bermain Gadget di Perjalanan
Mengisi waktu dengan bermain gadget juga sebaiknya dihindari karena kegiatan ini bisa menyebabkan mabuk perjalanan.


Rewriter : Salimah
Sumber : viva.co.id

Komentar