oleh

5 Cara Mengubah Kebiasaan Begadang

PortalMadura.Com – Kebiasaan begadang hingga larut malam tak baik untuk kesehatan. Bagi yang sudah terbiasa begadang, tidur cepat akan sangat sulit atau bahkan tidak bisa dilakukan.

Dalam mengatasi begadang diperlukan kedisiplinan dan komitmen. Bila Anda tetap tidak mengatur pola hidup, maka semuanya menjadi akan sia-sia dan kebiasaan begadang tidak akan pernah teratasi.

iklan pilbup

Dilansir dari laman Fimela.Com, Minggu (12/7/2020) berikut ini cara yang bisa Anda coba untuk mengubah kebiasaan begadang.

5 Cara Mengubah Kebiasaan Begadang

Bangun Lebih Awal

Salah satu alasan saat sulit tidur lebih awal pada malam hari karena kita belum merasa mengantuk. Untuk itu kita perlu bangun lebih awal untuk memulainya. Jika bangun lebih pagi, kita akan merasa cukup lelah dan mengantuk pada malam hari. Jadi, tidak perlu menunggu sampai malam terlalu larut untuk merasa mengantuk.

Lakukan Bertahap

Misal Anda mempunyai target bangun pukul 06.00 sedangkan kebiasaan Anda selama ini adalah bangun pukul 08.00. Anda bisa mengawalinya dengan bangun 15 menit lebih awal dari kebiasaan Anda. Lakukan secara bertahap sampai akhirnya berhasil bangun pukul 06.00.

Dapatkan Sinar Matahari Pagi

Biasakan untuk bangun pagi. Buka jendela saat alarm untuk bangun pagi berbunyi. Bisa juga dengan menyalakan lampu kamar. Cahaya atau sinar yang Anda dapatkan ini bisa bantu menurunkan produksi melatonin dalam tubuh, sehingga Anda bisa lebih terjaga.

Lakukan Rutinitasmu Satu Jam Lebih Awal

Awali dengan mengubah rutinitas atau kegiatan harian Anda. Jadwal makan malam atau menonton TV misalnya, bisa dilakukan satu jam lebih awal dari biasanya. Hal itu dapat membuat Anda mempunyai waktu untuk mempersiapkan diri tidur lebih awal.

Konsisten Setiap Hari

Saat akhir pekan atau hari libur sekalipun, tetaplah konsisten pada jadwal baru yang Anda buat. Konsisten dengan kegiatan itu dapat membuat tubuh akan lebih mudah beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lebih baik.

Kurangi kebiasaan begadang karena bisa mengganggu metabolisme tubuh Anda. Cobalah cara di atas untuk bisa mengatasi kebiasaan begadang, semoga bisa membantu mencegah insomnia dan hidup Anda jadi lebih teratur.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar