BASE: Sinergi Teknik dan Budaya Jepang dalam Tiga Program Inovatif

Avatar of hartono
BASE: Sinergi Teknik dan Budaya Jepang dalam Tiga Program Inovatif
BINUS ASO Front (Sumber : BINUS Media & Publishing)

PortalMadura.Com – BINUS ASO School of Engineering (BASE), yang meliputi program Automotive & Robotics Engineering, Product Design Engineering, dan Business Engineering, adalah institusi pendidikan tinggi bertaraf internasional di Indonesia, dengan fokus khusus pada teknik. Kolaborasi dengan ASO College Group, Jepang, menandai komitmen BINUS dalam mencetak lulusan berkualitas siap menghadapi tantangan global dan regional. Tiga program utamanya mengadopsi teknologi state-of-the-arts dalam pendidikan mereka.

Kampus BASE, diperkaya dengan nuansa budaya Jepang yang kental dan interaktif, menyediakan berbagai fasilitas modern bagi mahasiswanya. Pengajaran dilakukan dalam bahasa, Inggris dan Indonesia, dengan dukungan pengajar berpengalaman dari Jepang dan Indonesia. diberikan peluang luas untuk praktik di luar negeri, melalui program summer course di Jepang dan magang di industri Jepang atau perusahaan multinasional.

Automotive & Robotics Engineering program

Fokus program ini adalah pada pengembangan kemampuan analisis, desain, dan sistem elektronik mekanis serta otomatis untuk komponen otomotif dan proses manufaktur, menggunakan perangkat desain terkini yang relevan di industri global. Mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan mendalam tentang desain mekanis 3D, elektronik dan sistem , robotika, otomasi, serta teknik otomotif.

Kurikulum untuk program Automotive & Robotics Engineering (ARE) dirancang untuk membangun fondasi ilmu pengetahuan dasar, komputer, dan teknik mesin yang kuat, sambil juga menyediakan pelatihan spesifik dalam pengembangan otomotif, robotika, dan sistem otomasi. Mahasiswa akan mempelajari berbagai keterampilan teknis, termasuk pemodelan 2D & 3D dengan Autocad® dan CATIA®, prototyping, desain sirkuit untuk sistem tertanam, pemrograman dengan bahasa Assembly dan C untuk sistem tertanam, MATLAB® untuk pemrosesan sinyal digital dan kecerdasan buatan, labVIEW® untuk kontrol sistem, PLC, pemrograman robot industri, dan desain jaringan komputer korporat.

Selain itu, fasilitas untuk mendukung program Automotive & Robotics Engineering (ARE) yaitu; Lab Komputer, Lab Fisika, Lab Elektronika, Lab Drafting 2D, Lab CAD 2D & 3D, Lab Robotika, dan Lab Manufaktur.

Product Design Engineering program

Program ini akan mempelajari cara mengembangkan konsep desain, memanfaatkan bahan yang sesuai untuk dibentuk dan diwarnai, dan mengubahnya menjadi produk desain yang inovatif dan fungsional yang berpusat pada manusia dalam batasan yang realistis. Hasilnya dapat mengembangkan desain inovatif dan fungsional otomatis atau manual dalam konteks peralatan manusia, aksesori mobil, dan peralatan otomotif.

Kurikulum pada program Product Design Engineering (PDE) dirancang sedemikian rupa untuk memperkuat pemahaman, pengetahuan, dan kemampuan untuk membuat dan menerapkan rekayasa desain produk secara keseluruhan untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan. Fasilitas untuk program ini terdiri dari Lab Komputer yang dilengkapi dengan software terupdate (AutoCAD, Pro/Engineer, CAM, CATIA, Photoshop/Illustrator, ARENA, Minitab, LINDO/LINGO, ErgoWEB), tools (printer 3D moulding, cutting 3D printer, mesin drafting), dan lab gambar mekanik.

Business Engineering program

Business Engineering (BE) adalah program studi yang fokus pada pengaplikasian pengetahuan serta keahlian engineering dan information technology (IT) ke dalam area bisnis. Para lulusannya akan dibekali kompetensi dalam perspektif rekayasa sistem industri, teknologi informasi hingga manajemen. Mahasiswa yang tergabung dalam jurusan ini bisa mengambil peran dan menciptakan inovasi sehingga dapat bersaing di era society 5.0 dan ASEAN Economic Community (AEC).

Program Business Engineering (BE) memiliki cakupan belajar yang sangat luas sehingga akan menghasilkan kemampuan skill yang beragam dan berguna untuk jenjang karir di masa mendatang. BINUS menerapkan kurikulum yang mencakup pada bidang data creation dan warehouse, data mining dan analisis, system modeling dan optimisasi, pengembangan yang berkelanjutan, serta belajar dalam pengambilan keputusan pada situasi yang cepat berubah.

Fasilitas yang ditawarkan pun sangat beragam. BINUS ASO School of Engineering (BASE) mempunyai sejumlah fasilitas yang mendukung kegiatan mulai dari Ergonomic Laboratory, Mechanical Drawing Laboratory, Physics Laboratory, Computer Laboratory equipped with simulation, database, programming, data mining, and optimization software, serta Multi-perspective Enterprise Modeling (Capstone Project) Laboratory.

“BINUS ASO School of Engineering memiliki fasilitas yang dapat menunjang dan memberikan pengalaman selama melakukan perkuliahan di BINUS ASO School of Engineering. Fasilitas dan nuansa ala Jepang yang didesain dalam Kampus BINUS ASO School of Engineering tentu akan membuat mahasiswa merasakan pengalaman seperti kuliah di Jepang.” Tutup Prof. Fergyanto selaku Dean of BINUS ASO School of Engineering

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.