oleh

5 Cara Mudah Agar Foundation Tak Oksidasi

PortalMadura.Com – Setiap orang mempunyai kecocokan yang berbeda-beda pada produk makeup yang digunakan. Oleh karena itu, seseorang harus bisa menentukan dengan tepat berbagai produk makeup yang akan diaplikasikan ke wajah agar hasilnya terlihat sempurna.

Namun sebaliknya, jika makeup yang digunakan tidak cocok dan membuat wajah terlihat lebih gelap maka hal itu disebut dengan oksidasi. Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan beberapa cara ini. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut penjelasannya:

Menggunakan Primer Terlebih Dahulu

Primer dapat berfungsi sebagai penghalang antara kulit dengan foundation yang akan digunakan. Yang mana akan membantu mencegah foundation bereaksi dengan minyak alami yang ada pada kulit wajah.

Untuk Anda yang memiliki jenis kulit kombinasi, gunakan primer untuk mengontrol minyak pada T-zone untuk menghidrasinya. Dengan memakai primer, maka kemungkinan foundation mengalami oksidasi akan semakin kecil.

Memilih Shade Warna yang Lebih Terang

Pada saat memilih shade warna foundation, ada baiknya untuk memilih warna yang satu atau dua tingkat lebih terang dari warna kulit asli Anda.

Karena pada dasarnya foundation yang mengalami oksidasi akan berubah menjadi lebih gelap, dengan memilih shade yang lebih terang maka warna foundation bisa lebih cocok dengan warna kulit asli Anda. Hal ini dapat Anda lakukan jika memang sulit menemukan foundation yang tidak akan mengalami oksidasi pada wajah Anda.

Menggunakan Bedak Tabur dengan Warna yang Gelap

Bedak tabur berfungsi sebagai penghalang antara foundation dengan udara untuk mencegah efek proses oksidasi.

Dengan menggunakan bedak tabur yang memiliki warna lebih gelap dibandingkan dengan foundation yang Anda gunakan, maka kemungkinan wajah menjadi abu-abu akan semakin kecil.

Selain itu, bedak tabur juga berfungsi untuk membuat hasil riasan Anda bertahan lebih lama dibandingkan dengan tidak menggunakannya sama sekali.

Memakai Concealer untuk Menyeimbangkan Warna

Concealer bisa Anda gunakan untuk menyeimbangkan warna kulit yang ada pada wajah Anda untuk menetralkan warna kulit wajah Anda. Pemilihan warna pada concealer tentunya penting agar wajah tidak terlihat semakin abu-abu.

Gunakan concealer yang memiliki warna satu tingkat lebih gelap pada bagian pipi, garis hidung, dan juga bagian luar dahi. Perlu Anda ingat untuk menggunakan concealer secara tipis-tipis agar tidak memberikan efek yang terlalu berat pada wajah.

Rutin Membersihkan Brush yang Digunakan

Tentunya terdapat beberapa alat yang bisa Anda gunakan untuk mengaplikasikan foundation pada wajah, salah satunya yaitu dengan menggunakan brush. Karena seringkali digunakan untuk blend foundation pada wajah, tentunya brush yang digunakan secara perlahan akan kotor.

Sangat penting untuk membuat brush yang dipakai tetap bersih dengan mencuci nya setiap 2-3 kali dalam seminggu untuk menghindari terjadinya perubahan warna pada saat menggunakan foundation. Minyak berlebih yang tertinggal pada brush dapat membuat foundation yang Anda gunakan menjadi teroksidasi.

Nah, itulah lima cara yang dapat Anda lakukan pada saat foundation mengalami oksidasi yang dapat membuat wajah Anda menjadi abu-abu. Dicoba yuk!

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Popmama.Com

Komentar