5 Cara Mudah Cegah Kulit Wajah Tampak Kendur dan Terlihat Tua

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Mudah Cegah Kulit Wajah Tampak Kendur dan Terlihat Tua
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Wanita mana yang tidak mau miliki kulit wajah yang cantik berseri dan awet muda, setiap wanita pasti menginginknya bukan? Miliki kulit wajah yang tua memang tidak dapat dihindari dengan seiring bertambahnya usia. Namun, hal tersebut bisa tejadi lebih cepat dengan gaya hidup yang tidak sehat dan seringnya terpapar sinar matahari. Sebab, yang demikian dapat menjadi faktor pemicu timbulnya tanda-tanda penuaan. Seperti kerutan, garis halus bahkan kulit tampak mengendur.

Nah untuk meminimalisir masalah tersebut, diperlukan perawatan kulit yang rutin. Perawatan kulit juga tidak harus selalu dilakukan di salon atau klinik kecantikan yang notabene cukup menguras kocek dalam. Bila ingin yang lebih simpel, Anda dapat melakukan beberapa cara sederhana berikut untuk mencegah kulit wajah tampak kendur dan tua.

Tidak Lupa Menggunakan Sunscreen Setiap Hari
Terlalu sering terpapar oleh sinar matahari dalam jangka waktu lama memang berefek buruk untuk kulit. Sinar UV inilah yang nantinya akan membuat kulit menjadi kemerahan dan gosong, sehingga berdampak pada munculnya garis halus dan kerutan pada wajah. Tanda-tanda inilah yang bisa membuat wajah Anda terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Oleh karena itu, biasakan diri untuk selalu menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 agar dapat melindungi wajah dari paparan langsung sinar matahari. Jika Anda sering melakukan aktivitas di luar ruang dalam durasi lama, sangat disarankan untuk memakai topi dan pelindung lainnya ketimbang hanya mengandalkan pemakaian sunscreen saja.

Berinvestasi Pada Serum yang Kaya Anti-oksidan
Tubuh manusia sebenarnya memiliki penangkal alami terhadap radikal bebas yang disebut sebagai anti-oksidan. Namun, seiring bertambahnya usia, anti-oksidan alami yang diproduksi oleh tubuh mulai berkurang dan tidak sebanding dengan paparan radikal bebas yang diterima dari lingkungan. Hal ini juga berdampak pada kurangnya produksi kolagen sehingga kulit tampak mengendur dan jauh lebih tua dari usia aslinya.

Untuk mengatasinya, dibutuhkan pasokan anti-oksidan tambahan untuk ‘memerangi’ radikal bebas tersebut. Anti-oksidan ini bisa berasal dari vitamin A, C, dan E yang terkandung pada produk skin care. Selain itu, kandungan resveratrol yang didapatkan dari aneka buah berries juga terkenal kaya akan anti-oksidan dan sudah banyak digunakan dalam produk skin care tertentu. Anda dapat memilih produk skin care dengan konsentrasi anti-oksidan tinggi, seperti serum, untuk membantu mengembalikan vitalitas kulit wajah seperti sedia kala. Selain kaya akan anti-oksidan, Anda juga dapat memilih serum yang memilki kandungan kolagen agar membantu menangani kulit yang kendur dan berkurang elastisitasnya.

Menjaga Kulit Senantiasa Terhidrasi
Tak bisa dipungkiri lagi bahwa air putih merupakan ‘obat’ yang mujarab bagi seluruh permasalahan kulit, tak terkecuali penuaan dini. Seperti yang telah Anda ketahui, tubuh manusia sebagian besar terdiri atas cairan. Jika kebutuhan cairan tidak tercukupi, maka kulit akan semakin kering. Dengan begitu, penuaan pun akan semakin terlihat pada kulit wajah. Oleh karena itu, mulailah membiasakan diri untuk minum air putih setidaknya 8 gelas per hari atau sekitar 2 liter. Dengan asupan air putih yang cukup, Anda dapat membantu mempertahankan kondisi kulit yang sehat dan awet muda karena air putih sangat berperan sebagai pelembap wajah yang alami.

Hindari Posisi Tidur Menyamping
Tanpa disadari, posisi tidur menyamping rupanya turut memberikan kontribusi dalam menjadikan kulit wajah tampak kendur dan tua. Hal ini dikarenakan adanya gerakan tertarik dan terdorong akibat gesekan dengan bantal, sehingga dapat membekas pada kulit wajah berupa garis-garis halus. Jika hal ini berlangsung setiap hari, tentunya garis-garis halus yang biasa disebut keriput tidur ini akan bertahan permanen di wajah Anda seiring berjalannya waktu. Untuk mengatasinya, Anda dapat menghindari posisi tidur yang menyamping dan berubah menjadi terlentang. Hindari pula gaya tidur yang menutupi wajah dengan bantal.

Kurangi Konsumsi Gula
Anda mungkin telah mengetahui fakta bahwa konsumsi gula yang berlebih dapat membuat berat badan bertambah. Namun, tahukah Anda bahwa konsumsi gula yang terlalu banyak juga dapat memicu kerutan pada kulit? Proses ini disebut dengan glikasi, yaitu proses penggumpalan lemak dan protein dengan glukosa yang membuat jaringan di seluruh tubuh menjadi lebih kaku. Hal ini dapat berdampak pada masalah pengerutan kulit, yang tentunya juga termasuk kerutan dan garis halus pada wajah. Untuk menghindari masalah ini, tentu saja Anda perlu membatasi konsumsi gula setiap harinya.

Itulah cara atasi kulit wajah yang tampak terlihat tua dan kendur. Semoga bermanfaat. (vemale.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.