5 Cara Mudah Memperkuat Password untuk Lindungi Data

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Mudah Memperkuat Password untuk Lindungi Data
Ilustrasi (carisinyal)

PortalMadura.Com sering terjadi karena kebobolan . Sehingga password atau kata sandi perlu diperkuat untuk melindungi data atau diri sendiri. Jika akun penting diketahui oleh orang yang tidak bertanggung jawab maka pasti akan disalahgunakan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat password. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang dikutip dari Fox News, berikut ini penjelasannya:

Temukan Kebocoran

Apabila Anda mengalami kebocoran data, cari tahu kata sandi apa yang bocor dan di mana. Google melacak ini di akun Google Anda. Buka halaman Pemeriksaan Keamanan Google untuk mengubah password yang sudah bocor dalam pelanggaran data.

Jangan Gunakan Ulang Kata Sandi Serupa atau Variasinya

Para profesional keamanan selalu mengingatkan agar pengguna internet tidak menggunakan ulang kata sandi yang sama atau variasinya.

Apabila sebuah kata sandi terekspos dalam sebuah pelanggaran data dan itu digunakan untuk situs atau akun lain, maka akan ada risiko kebocoran data yang lebih besar. Risiko ini tidak hanya soal penggunaan kata sandi yang sama, tetapi juga variasi password yang minor.

Gunakan Password yang Kuat atau Pengelola Kata Sandi

Semakin lemah kata sandi, maka kian besar risikonya. Untuk itu, cobalah menghindari kata-kata yang ditemukan dalam kamus, atau sesuatu yang berkaitan dengan Anda seperti nama anak, hewan peliharaan, atau tempat.

Pakailah kata sandi yang merupakan kombinasi rangkaian huruf, angka, atau karakter dan simbol khusus secara acak. Namun jika tidak bisa mengelola password kuat secara mandiri, cobalah menggunakan password manager. Google sendiri memiliki password manager dan layanan seperti Lastpass, yang menawarkan pengelolaan kata sandi.

Chris Hazelton, Director of Security Solutions di Lookout, penyedia solusi keamanan seluler AS mengatakan, password manager biasanya mengotomatiskan perubahan kata sandi, yang memungkinkan reaksi lebih cepat jika terjadi pelanggaran.

Gunakan Satu Akun Email Aman untuk Mengatur Ulang Password

Buatlah satu akun email yang aman untuk mengatur ulang kata sandi. Amankan akun ini dengan menggunakan nama akun tanpa koneksi yang bisa dikenali. Selain itu, gunakan password yang kuat dan aktifkan verifikasi dua langkah.

Matikan Pengisian Otomatis

Hindari menggunakan fitur isi otomatis di browser, kuhsusnya untuk password. Meski ini berguna, namun ada risiko yang lebih besar.

Jika seseorang membobol perangkat atau mendapatkan akses sementara ke sana, itu memberikan akses instan ke akun Anda. Matikan ini saat menggunakan Google, Firefox, atau browser lainnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.