oleh

Bunda, Ini Cara Mengajarkan Anak Menggambar Dengan Mudah

PortalMadura.Com – Sebagai orang tua cobalah untuk mengenalkan seni pada anak sejak dini seperti menggambar atau melukis. Menggambar bukan hanya dilakukan untuk mengisi waktu luang, namun juga dapat dijadikan kegiatan yang mendukung tumbuh kembang optimal anak. Dengan menggambar, anak akan dapat menyalurkan emosi, ide, sekaligus bakat seni yang mungkin terpendam dalam dirinya.

Tidak sulit untuk mengajarkan anak Anda menggambar. Anda hanya perlu beberapa cara sederhana untuk hal tersebut. Dilansir dari laman Popmama.Com, Kamis (5/8/2021), berikut ini beberapa cara mudah untuk mengajarkan anak menggambar:

Siapkan Selembar Kertas

Saat anak masih balita, pilihlah kertas yang cukup besar untuk di tempelkan ke meja atau lantai. Hal itu memberi ia kebebasan dibandingkan bila harus menggambar di buku gambar. Selain meja atau lantai, Anda juga bisa menempelkan kertas lebar pada dinding untuk dicorat-coret atau digambar.

Sediakan Krayon Besar

Krayon yang besar dan tebal memudahkan anak untuk menggenggam menggunakan jari-jari kecilnya. Selain krayon, Anda juga dapat memberikan spidol warna berukuran besar atau kuas dan cat warna yang mudah dibersihkan. Tentunya alat-alat tersebut dapat membantu dibandingkan pensil warna yang mudah patah.

Beri Anak Kemudahan Memilih

Letakkan krayon atau spidol di tempat yang mudah dijangkau oleh anak dan membuat anak mudah memilih alat yang ia inginkan. Semakin mudah, anak akan semakin bersemangat untuk mencobanya.

Tawarkan Aktivitas Seru

Cobalah ajak anak untuk menggambar dengan cara lain. Misalnya menggambar dengan telapak tangannya, kumpulkan berbagai jenis daun lalu warnai dengan cat atau menggambar dengan berbagai cetakan yang Anda buat dari potongan buah atau sayur.

Apapun hasil yang anak gambar, pujilah. Hindari komentar yang menyalahkan gambar si kecil. Hal tersebut akan mematahkan semangat anak. Lebih baik tanyakan pada anak apa yang ia gambar dan minta anak untuk menceritakan gambarnya.

Komentar