oleh

5 Cara Mudah Merawat Tanaman Kaktus Hias

PortalMadura.Com – Memiliki tanaman hias di rumah akan membuat rumah Anda lebih indah. Berbagai tanaman bisa Anda rawat di rumah seperti bunga mawar, bunga melati, dan kaktus. Tanaman kaktus saat ini menjadi primadona baru bagi pecinta tanaman hias.

Dulu tanaman ini hanya hidup di padang pasir namun saat ini sudah banyak di buru oleh pemburu tanaman hias. Karena tanaman ini bisa dijadikan hiasan di dalam ruangan. Memelihara tanaman ini di dalam ruangan membutuhkan tips khusus agar tidak mudah mati. Dilansir dari laman Popmama.com berikut cara mudah agar kaktus Anda tidak mudah mati.

Letakkan Kaktus di Tempat yang Tepat

Di habitatnya tamanan ini tumbuh di tempat yang kering dan terkena paparan sinar matahari terus-menerus. Namun saat ini tamanan kaktus berubah menjadi tanaman hias yang di letakkan di atas meja. Jika Anda memiliki kaktus di dalam ruangan pastikan sirkulasi ruangan lancar dan tidak lembap. Lokasi yang tepat untuk meletakkan kaktus yaitu di dekat jendela.

Perhatikan pemberian pupuk

Kaktus juga membutuhkan nutrisi yang diperoleh dari pupuk. Meskipun tanaman ini kuat namun dengan diberikan pupuk akan membuat kaktus lebih sehat dan cantik. Pupuk yang bisa Anda gunakan adalah pupuk organik.

Pemberian Air yang Tepat

Pemberian air yang terlalu banyak pada kaktus yang diletakkan di pot akan membuat kaktus mudah mati. Anda hanya membutuhkan sesekali penyiraman minimal dua atau tiga hari dalam semingu.

Memilih dengan baik Jenis Tanaman Kaktus

Kaktus memiliki jenis yang berbeda-beda sehingga Anda harus tahu jenis apa yang akan Anda tanam. Kaktus hias yang bisa Anda tanam seperti Astrophytum, Cephalocereus senilis, dan Gymnocalycium.

Pot yang Cocok untuk Kaktus

Pot yang cocok untuk tanaman kaktus ialah pot yang sedikit berat. Ini bertujuan agar tanaman tidak mudah terbalik. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan tanaman kaktus tersebut. Jika kaktus ingin diletakkan sebagai hiasan meja maka pilihlah pot yang menarik .

Rewrite : Lisa Mana L
Sumber : Popmama.Com

Komentar