5 Cara Mudah Naik Moge bagi Pemula

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Mudah Naik Moge bagi Pemula
Ilustrasi (BukaReview)

PortalMadura.Com atau motor besar saat ini lebih banyak peminatnya, terbukti dengan adanya klub-klub moge di setiap kota di Indonesia. Di hari tertentu biasanya mereka berkendara di jalanan bersama seluruh anggota klubnya.

Mengendarai moge tentu merasakan sensasi yang berbeda dibandingkan dengan motor biasa. Butuh kemampuan khusus untuk bisa mengendarainya.

Nah, bagi Anda yang baru pertama kali mengendarai moge tentu harus belajar terlebih dahulu. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang dikutip dari Instruktur Safety Riding Honda Big Bike Jawa Tengah, berikut beberapa cara mudah pemotor belajar mengendarai moge.

First Experience

Bagi pemula atau mereka yang pertama kali menggunakan motor besar atau mulai dari 500cc ke atas, disarankan untuk mengenal motor pertama kali dengan mendorong motor tersebut untuk berpindah ke depan, kanan dan kiri serta mundur ke belakang dengan kondisi mesin mati.

Hal ini sangat membantu mengenal karakter moge dan mengontrolnya. Berlatihlah hingga terasa mudah memindahkannya.

Riding Posture

Ada tujuh bagian yang harus diperhatikan dalam postur berkendara yang sesuai prosedur safety riding, yaitu pandangan, bahu, siku, jemari, pinggul, lutut dan kaki.

Control dan Skill Handling

Untuk pemula disarankan untuk mengenal lebih dahulu pengereman dan porsi gas dengan tenaga yang dihasilkan. Jika tenaga mesin besar, bisa berlatih berkendara menggunakan tenaga mesin tanpa digas.

Kemudian berlatih untuk berbelok ke kanan dan kiri dari belokan besar hingga sempit dengan mulus. Perlu diketahui bahwa bobot moge yang lebih berat serta dimensi yang lebih besar membutuhkan ekstra kemampuan fisik kita dalam mengendalikannya.

Terjatuh

Jika pengendara terjatuh saat mengendarai moge, cara yang dapat digunakan untuk mendirikan kembali moge adalah dengan menggunakan lutut sebagai pengungkit dan punggung sebagai tumpuan untuk mendorong mundur motor agar bisa kembali berdiri.

Tentunya harus dipastikan side stand terpasang sehingga motor tidak ambruk ke arah sebaliknya.

Protection

Baik pengendara maupun kendaraan tentunya membutuhkan pelindungan yang baik agar terhindar dari kerugian yang besar jika terjadi musibah. Pengendara bisa menggunakan protektor tubuh lengkap dengan kualitas yang baik, sedangkan moge juga perlu proteksi untuk melindungi komponen-komponen motor agar terhindar dari pecah atau rusak parah.

Karakter dasar motor, baik moge atau motor biasa yaitu akan tegak berdiri jika digas, sehingga orang beranggapan dengan hanya mengegas sudah bisa dianggap memiliki ketrampilan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.