5 Cara Mudah untuk Cegah Concealer Creasing di Wajah

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Mudah untuk Cegah Concealer Creasing di Wajah
Ilustrasi (Sociolla)

PortalMadura.ComCreasing merupakan kondisi di mana makeup yang digunakan menggumpal di area kerutan atau lipatan kulit. Biasanya ini terjadi di area bawah mata tempatnya menempel concealer, kelopak mata atau garis senyum yang dilapisi oleh foundation.

Jika mengalaminya, pasti akan mengganggu penampilan karena bisa mempertegas kerutan wajah. Tapi jangan dulu khawatir, ada langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk menguranginya.

Yuk ikuti beberapa petunjuk berikut ini:

Pastikan Area Mata Lembap, Namun Tidak Lengket
Sebelum mengaplikasikan makeup, tentu Anda perlu mengaplikasikan skin care terlebih dahulu guna memastikan kondisi di area mata siap menerima makeup. Ada dua tips tambahan yang bisa dilakukan untuk memberi hidrasi lebih pada area mata, penggunaan eye cream atau face oil pada bagian bawah mata.

Walaupun kelembapan dan hidrasi pada area bawah mata penting, ada satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya, yaitu memastikan produk tersebut sudah terserap secara sempurna sebelum Anda mengaplikasikan makeup.

Apabila terburu-buru dan area bawah mata masih terasa lengket atau basah, Anda bisa juga menggunakan tisu untuk menyerap kelebihan produk agar concealer tidak menggumpal.

Perhatikan Area Aplikasi Concealer
Dilansir dari Byrdie, celebrity makeup artist Min Min Ma menyebutkan, bahwa area aplikasi concealer juga dapat memengaruhi terjadinya creasing. Biasanya, area bawah mata paling gelap terletak di area segitiga sudut dalam mata. Jadi, fokuskanlah pengaplikasikan concealer pada area tersebut.

Ia juga menambahkan bahwa kulit di area tersebut cenderung terasa lebih halus, sehingga minim terjadi creasing. Selain itu, hindari mengaplikasikan concealer terlalu dekat dengan garis bulu mata bawah, karena concealer kerap menumpuk dan pada akhirnya akan menggumpal di garis bulu mata tersebut.

Gunakan Jari
Kecuali sudah terbiasa menggunakan kuas, cara termudah untuk mengaplikasikan concealer secara merata adalah dengan menggunakan jari. Terutama, untuk Anda yang masih tergolong pemula dalam urusan makeup.

Selain memiliki kontrol lebih untuk menjangkau sudut-sudut mata, cara tersebut juga dapat membuat hasil concealer membaur rata pada kulit, karena suhu tubuh akan menghangatkan concealer menjadi lebih creamy.

Rentangkan Kulit
Creasing pada concealer terjadi karena terdapat kerutan pada area bawah mata. Saat mengaplikasikan concealer, tentu teksturnya tidak serta-merta langsung ‘mengisi’ kerutan pada area mata. Bahkan, saat melihat lurus ke depan atau ke bawah saja, area bawah mata masih tampak berkerut. Agar concealer dapat mengisi kerutan di area bawah mata, aplikasikanlah dengan posisi mata melihat ke atas. Selebihnya, tarik lembut kulit untuk merentangkan area bawah mata Anda.

Set dengan Bedak
Sebelum mengaplikasikan bedak, pastikan bahwa concealer pada bagian bawah mata merata dan tidak ada creasing sama sekali. Aplikasikan bedak dengan posisi mata melihat ke atas untuk meminimalisir kerutan. Nah, tips lainnya yang bisa mempraktikkan untuk meminimalisir creasing adalah dengan meniru cara Jeffree Star mengaplikasikan bedak pada area bawah matanya. Alih-alih menggunakan kuas, gunakan spons makeup lembap untuk mengangkat dan mengaplikasikan bedak pada area bawah mata.

Menurut beauty blogger The Makeup Box, cara ini bekerja efektif karena spons lembap dapat mengangkat bedak lebih banyak. Selain itu, cara tersebut juga tidak akan menggeser concealer, yang ada justru malah ‘menguncinya’.

Selain itu, ia juga berpendapat bahwa kelembapan pada spons dapat mencegah bedak terlihat chalky alias bertekstur. Pasalnya, ia pernah mendapatkan tampilan riasan yang sangat bertekstur akibat menerapkan teknik tersebut dengan spons kering.

Baca Juga : 3 Cara Gunakan Concealer Untuk Pemula

Selain teknik spons lembap, Anda juga bisa mengeset concealer dengan teknik baking untuk meminimalisir creasing, atau memadukan kedua teknik ini (aplikasikan bedak dengan spons lembap, lalu diamkan beberapa saat). Tips lainnya yang bisa dicoba adalah dengan menekan bedak menggunakan flat brush pada area bawah mata.

Selebihnya, jangan lupa untuk menghindari penggunaan bedak berwarna. Sebagai alternatifnya, selalu gunakan translucent powder agar tidak meninggalkan warna tambahan pada kerutan di area bawah mata.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.