5 Cara Mujarab Atasi Jerawat di Bibir

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Mujarab Atasi Jerawat di Bibir
Ilustrasi (Fimela.com)

PortalMadura.Com – Tidak hanya di area pipi, dahi atau hidung saja, juga bisa muncul di bibir. Selain mengganggu penampilan, jerawat ini juga menimbulkan rasa perih dan nyeri.

Ada beberapa cara untuk mengatasi dan itu tidak sulit serta bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Mau tahu bagaimana caranya?. Berikut ulasannya:

Mengompres Hangat dan Dingin
Kompres hangat dua kali sehari membantu mengeluarkan minyak atau kotoran yang menyumbat pori-pori. Selain itu, kompres hangat juga bisa membantu mengeringkan nanah dan mengurangi rasa sakit serta kemerahan jika jerawat Anda sudah terinfeksi.

Baca Juga: Ini Dia 5 Penyebab Sering Muncul Jerawat di Area yang Sama

Sementara itu, kompres dingin membantu meringankan pembengkakan dan kemerahan pada jerawat. Kompres dingin juga membantu menghilangkan rasa sakit. Anda bisa mengompres jerawat dengan air es selama satu menit sebanyak dua kali sehari untuk mengurangi peradangan.

Gunakan Benzoil Peroksida
Benzoil peroksida membantu membunuh bakteri penyebab jerawat di bibir Anda. Biasanya, benzoil peroksida tersedia dalam berbagai produk dari mulai pembersih wajah hingga krim. Anda juga bisa membeli produk ini secara bebas di apotek tanpa resep dokter. Gunakan produk sesuai petunjuk untuk membantu mengempeskan dan mencegah kemunculannya di lain waktu.

Mengoleskan Minyak Jarak
Minyak jarak bisa membantu menghilangkan jerawat di bibir. Minyak jarak termasuk pelembap alami yang mengandung asam risinoleat yang memiliki sifat antiradang. Penelitian di tahun 2015 menemukan fakta bahwa gel yang mengandung asam risinoleat dan dioleskan ke kulit bisa membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit.

Buat Ramuan Pasta Kunyit
Kunyit mengandung kurkumin yang memiliki sifat antioksidan dan antiradang. Untuk mengatasi jerawat, Anda bisa membuat pasta kunyit dengan menambahkan air ke dalam 1 sendok teh bubuk kunyit. Kemudian, oleskan pasta kunyit ke bagian kulit yang berjerawat hingga mengering. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan keringkan. Ulangi cara ini sebanyak dua kali sehari.

Mengandalkan Madu
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dari berbagai sumber, madu mengandung sifat antimikroba yang bisa mengatasi masalah kulit termasuk jerawat. Untuk itu, Anda bisa mengoleskan madu murni ke bagian kulit yang berjerawat dan mendiamkannya semalaman.

Baca Juga: 4 Bahan Rumahan yang Dipercaya Bisa Hilangkan Jerawat

Itulah berbagai cara rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi gejala jerawat di bibir. Namun Anda tetap perlu berkonsultasi ke dokter jika jerawat Anda tidak kunjung sembuh.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.