oleh

5 Cara Perawatan Kecantikan Alami dalam Ajaran Islam

PortalMadura.Com – Pada dasarnya, untuk bisa mendapatkan wajah yang cantik nan rupawan tidak harus dengan melakukan operasi wajah ataupun menggunakan bahan-bahan kecantikan yang mahal. Sebab, Islam mengajarkan umatnya dengan sejumlah cara alami untuk mewujudkan kecantikannya tersebut.

Dikutip dari laman Detik.com, Senin (17/8/2020), Imam Ibnu Taimiyyah r.a, dalam sebuah kitab seperti dikutip dari muslimmatters.org, mengatakan, bahwa wajah seseorang sedikit banyak dipengaruhi oleh perilakunya. Orang yang jujur, kejujuran akan memancar pada wajah. Sehingga wajahnya akan tampak lebih cerah. Sebaliknya, orang yang sering berdusta dan banyak melakukan dosa, wajahnya akan tampak lebih tua.

“Seorang anak bisa memiliki wajah yang cerah. Namun jika dia banyak melakukan dosa, wajahnya akan tampak lebih tua dari usia yang sebenarnya,” ujar Ibnu Taimiyah.

Selain itu, Imam Ibnu Abas memperkuat pernyataan Imam Ibnu Taimiyah. Menurut Ibnu Abas, orang yang berkata benar hatinya akan terang dan yang ujungnya mencerahkan wajah, juga menguatkan tubuh. Sebaliknya, kebohongan dan perbuatan dosa, akan menggelakkan hati dan menghitamkan wajah, serta melemahkan tubuh.

Sebenarnya tidak hanya kejujuran saja, ada juga perawatan alami untuk kecantikan yang bisa dilakukan para muslimah. Apa saja?.

Berikut lima cara perawatan kecantikan alami sesuai dengan yang diajarkan Islam:

Siwak

Menggunakan siwak adalah sunah dalam Islam karena ini digunakan sebagai sikat gigi herbal alami. Siwak ini berbentuk tongkat kecil berwarna cokelat muda yang langsung digosokkan pada gigi.

Dengan menggigit dan mengunyah salah satu ujungnya, ia akan memisahkan serat dan membentuk tekstur seperti kuas yang memungkinkan sifat kimiawi kayu dilepaskan dan diambil.

Menurut Rasulullah oleh Ibnu Qayyim Al-Jawzijja, ketika digunakan dalam frekuensi yang sering, dapat membantu membersihkan gigi, mencegah gigi berlubang, hingga menyegarkan napas. Ilmuwan modern menyebutkan siwak dapat membantu membunuh kuman dan bakteri.

Beberapa penelitian mengatakan, lebih baik sebelum digunakan, siwak dapat dicuci sebelum dan sesudah digunakan dan ujung sikatnya sesekali dipotong.

Kohl

Kohl adalah jenis eyeliner yang berbentuk bubuk gelap halus yang biasanya diterapkan di permukaan bagian dalam kelopak mata. Kohl sering digunakan untuk pria atau wanita sebagai penghias wajah. Dikutip dalam ifdcouncil.org, secara mengejutkan kalau kohl memiliki manfaat medis yang dibuktikan oleh sains modern.

Seperti sabda Rasulullah: “Terapkan antimon (kohl), karena itu membantu mencerahkan penglihatan mata dan meningkatkan pertumbuhan bulu mata.” (Al-Tirmidzi 2048).

iklan hari santri

Baca Juga: 4 Khasiat Tersembunyi Puasa Bagi Kecantikan Kulit

Inai

Inai atau henna adalah bentuk hiasan tubuh berbentuk pasta. Henna sering terbuat dari daun tanaman pacar yang dikeringkan dan dihancurkan menjadi bubuk halus kemudian dibuat menjadi tekstur berbentuk pasta.

Pada zaman Nabi, baik pria maupun wanita menggunakan pewarna rambut mereka dengan henna.

Diceritakan Aisha (RA): “Seorang wanita membuat tanda dari balik tirai untuk menunjukkan bahwa ia memiliki surat untuk Rasul Allah SAW. Nabi menutup tangannya, mengatakan: “Saya tidak tahu apakah ini tangan pria atau wanita.” Dia berkata:”Tidak, seorang wanita.” Dia berkata:”Jika kamu seorang wanita, kamu akan membuat perbedaan untuk kuku Anda (artinya dengan henna)” (Sunan Abu-Dawud).

Wudu

Salah satu bentuk yang paling sederhana dan tanpa disadari, manfaat wudu ternyata sangat besar. Dalam sunah, disarankan untuk tidak hanya melakukan wudu untuk salat tetapi juga sebelum tidur dan membaca Alquran.

Berwudu dapat membuat kulit tetap besih dan bersinar. Dalam sudut pandang Islam, wajah yang sering dibersihkan oleh wudu dianggap memancarkan cahaya alami.

Manfaat wudu juga terbukti secara ilmiah. Ini berkontribusi besar terhadap menjadi kesehatan individu secara utuh. Berikut ini beberapa manfaatnya:

1. Membantu Mencegah Mikroba

Berwudu dapat membantu mencegah mikroba dan penyakit berbahaya pada hidung. Membiarkan air masuk ke lubang hidung saat berwudu mencegah kuman dan debu yang terperangkap dalam memasuki tubuh.

Pencucian hidung selama wudu dikonfirmasi setelah penyelidikan mikroskopis, memungkinkan orang untuk memiliki paparan mikroba berbahaya yang jauh lebih sedikit daripada orang-orang yang tidak melakukannya.

2. Membantu Mencegah Penyakit Sistematis

Membilas mulut dalam wudu secara teratur menghilangkan partikel makanan dan bakteri dari mulut serta membantu mencegah bau mulut. Menurut penelitian terbaru, ada hubungan langsung antara kurangnya kebersihan mulut dan penyakit sistematis, itulah sebabnya pembilasan mulut dalam wudu secara teratur bertindak sebagai penghalang terhadap penyakit-penyakit ini.

Senyum

Tersenyum akan membuat Anda terlihat lebih cantik. Menurut beberapa penelitian, tersenyum dapat memberi banyak manfaat bagi otak, tubuh dan juga orang-orang disekitar Anda. Bahkan, dalam Islam, tersenyum kepada orang lain sangat dianjurkan dan merupakan sunah sederhana karena benar-benar menghibur.

Rewriter : Salimah
Sumber : detik.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.