oleh

5 Cara Perawatan Kulit untuk Si Hobi Berenang

PortalMadura.Com – Apa Anda termasuk orang yang hobi berenang?. Atau mungkin Anda pernah berpikir untuk berhenti dari kegiatan ini?. Sebab, kandungan klorin di dalam air kolam bisa mengakibatkan sejumlah masalah kulit. Mulai dari kulit yang gelap, kering, bahkan munculnya jerawat di wajah.

Dilansir dari merdeka.com, Kamis (18/7/2019), berenang memang merupakan aktivitas yang menyehatkan. Selain memperkuat paru-paru dan membakar lemak, kegiatan ini juga bisa membantu mengatasi stres.

Kendati demikian, bagi Anda yang hobi berenang namun ingin tetap menjaga kecantikan kulit, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Apa saja?.

Berikut ini uraiannya:

Basuh Tubuh dengan Air Bersih Sebelum Berenang

Air kolam renang terbuka mengandung klorin, sehingga dapat mengakibatkan iritasi kulit. Hal ini bisa terjadi karena kulit manusia memiliki kemampuan untuk menyerap berbagai zat, termasuk zat kimia dari klorin.

Untuk itu, jika Anda terlalu lama terpapar zat kimia tersebut maka kulit bisa menimbulkan ruam kemerahan atau iritasi. Namun Anda tidak perlu khawatir, seperti yang tertera pada website Stkamurdmedia, bahwa membasuh tubuh menggunakan air bersih terlebih dahulu sebelum berenang dapat membantu mengurangi jumlah klorin yang diserap oleh kulit. Langkah tersebut dapat menurunkan tingkat risiko terjadinya iritasi kulit.

Mengoleskan Tabir Surya Sebelum Berenang

Salah satu masalah yang biasa dialami setelah berenang, yaitu kulit menjadi gelap. Tidak jarang pula, hal ini dibarengi dengan masalah sunburn atau kulit yang terbakar matahari.

Nah untuk menghindari masalah ini, Anda harus mengaplikasikan tabir surya sebelum berenang. Memakai tabir surya sebelum berenang pun tidak boleh dilakukan asal-asalan. Setelah diaplikasikan ke seluruh tubuh, tunggu sekitar 15 menit untuk memaksimalkan perlindungan tabir surya pada kulit sebelum beraktivitas.

Selain bisa membantu mencegah kulit terbakar, penggunaan tabir surya sebelum berenang diklaim dapat melapisi kulit untuk mengurangi penyerapan zat klorin.

Loading...

Baca Juga: Suka Berenang? Hati-hati Bahaya Klorin Terhadap Kulit

Langsung Mandi Sesudah Berenang

Setelah berenang jangan menunggu hingga badan menjadi kering, segera bersihkan diri dengan air bersih. Pasalnya, kandungan kaporit yang terdapat di dalam air kolam renang tidak baik bagi kulit, terlebih jika sudah terpapar matahari dalam jangka waktu lama.

Segera mandilah dengan air dingin dan sabun mandi, serta bersihkan tubuh hingga tidak ada sisa zat kimia yang menempel di kulit. Selain itu, Anda juga bisa menenangkan kulit yang terbakar akibat paparan matahari sekaligus mencegahnya menjadi gelap dengan berendam di dalam air dingin selama 15 menit sebelum membersihkan kulit dengan sabun.

Hidrasi Kulit dengan Pelembap dan Minum Air

Berendam di dalam air kolam terlalu lama juga bisa membuat kulit lebih mudah untuk kering bahkan pecah-pecah. Demi mengembalikan kelembapan kulit setelah berenang, jangan lupa untuk segera mengaplikasikan body lotion dan pelembap wajah setelah mandi.

Pemakaian pelembap ketika kondisi kulit masih lembap berfungsi untuk mengunci minyak alami kulit. Tidak hanya itu, pastikan Anda banyak mengonsumsi air putih dan hindari minuman berkafein untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh setelah berenang.

Eksfoliasi Secara Teratur

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan belang dan mengatasi kulit yang menggelap adalah melakukan eksfoliasi kulit. Caranya, gunakan produk eksfoliasi seperti body scrub dan face peeling maksimal 3 kali seminggu.

Kegunaan body scrub dan face peeling ini dapat mengikis sel-sel kulit mati yang membuat kulit menjadi gelap dan kusam. Rutin melakukan eksfoliasi juga bisa mengembalikan warna alami kulit tubuh Anda. Selamat mencoba!


Rewriter : Salimah
Sumber : merdeka.com


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE