5 Cara Merawat Head Unit Mobil

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Rawat Head Unit Mobil
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Head Unit merupakan system primer dalam system audio mobil, fungsi utamanya yaitu sebagai penghubung dan controller antara penguna dan perangkatnya. Untuk menunjang kenyamanan selama berkendara, setiap mobil biasanya dilengkapi dengan komponen ini. Bahkan ada yang dilengkapi pemutar video dan penunjuk navigasi.

Semua komponen yang terdapat pada mobil tentu harus dijaga dan dirawat dengan baik, tidak terkecuali head unit. Karena jika tidak, maka akan cepat rusak dan harus mengganti dengan yang baru. Nah untuk menghemat pengeluaran demi komponen ini, ada baiknya Anda memperhatikan 5 hal ini. Apa saja?

Berikut ulasannya:

Hindari Penggunaan CD Bajakan
Hal pertama ini sebenarnya sangat mudah dilakukan. Biasanya head unit yang sudah mengusung model layar sentuh sudah dilengkapi dengan slot CD yang bisa memainkan musik atau video. Sayangnya tidak sedikit pemiliknya yang memasukkan CD tersebut yang kualitasnya bukan original, alias palsu ataupun kw.

Padahal kalau terbiasa menggunakan CD yang tidak original bisa merusak sistem optik pada bagian dalam head unit. Tidak hanya itu, material CD yang juga biasa disebut CD bajakan punya bobot yang lebih berat serta kualitasnya yang terbilang rendah, akibatnya sistem pembaca CD juga akan lebih berat. Untuk itu kalau Anda sering mendengar suara musik atau gambar video tersendat-sendat, bisa dipastikan CD tersebut bajakan dan apabila dipakai terus-menerus bisa membuat head unit cepat rusak.

Gunakan Perangkat Lain selain CD
Kini head unit layar sentuh pada setiap mobil lengkap dengan slot perangkat yang beragam selain pemutar CD. Mulai dari koneksi Bluetooth, kabel USB, flashdisk, kabel AUX maupun fitur mirroring. Ada baiknya kalau Anda juga sering menggunakan beberapa macam sistem pemain audio dan video tersebut, atau jangan terus-menerus mengandalkan pemutar CD.

Hanya saja perlu Anda perhatikan gunakan sambungan perangkat yang original dan kapasitas penyimpanan yang sepadan dengan head unit yang ada, apabila terlalu besar kapasitas penyimpanannya, maka sistem audio akan bekerja lebih berat lagi dan biasanya akan memakan waktu untuk loading memutar satu musik.

Baca Juga: Pemeran Wiro Sableng 212 Ajari Silat Kepada Santri di Pamekasan

Manfaatkan Audio Steering Switch dan Remote
Pengemudi maupun penumpang mobil sebenarnya sudah dimanjakan dengan keberadaan tombol pengaturan yang ada pada setir, dan remote yang biasanya tersedia dalam paket pembelian. Hal ini selain memudahkan pengaturan head unit, juga membuat Anda tidak selalu menyentuh layar sentuhnya.

Hal ini karena tidak semua jari yang menyentuh layar audio dalam keadaan bersih. Bisa saja terdapat noda minyak atau bahan kimia yang bisa merusak permukaan layar sentuh head unit, bisa-bisa layar tersebut terkontaminasi dan tidak dapat digunakan lagi.

Manfaat lainnya apabila menggunakan tombol audio yang ada pada setir yaitu membuat pengemudi terus memusatkan visibilitasnya ke depan, jadi tidak usah repot menengok head unit saat ingin mengganti musik atau sekadar menaik-turunkan volumenya.

Kurangi Kecerahan dan Matikan Layar Saat Tidak Dilihat
Cara mudah lain yang dapat Anda lakukan yaitu mengatur tingkat kecerahan head unit kamu pada level yang rendah. Memang tidak semua head unit punya resolusi yang jernih, sehingga untuk membuatnya terlihat jelas biasanya pemiliknya menaikkan tingkat kecerahan head unit mobilnya, apalagi saat siang hari dan model head unit reflektif terhadap sinar matahari.

Bukannya dilarang, tingkat kecerahan head unit yang rendah bisa membuat head unit lebih awet, hal ini karena sistem head unit tidak bekerja secara berat. Di samping itu, mematikan layar saat layar sentuh tidak dilihat juga bisa membuat head unit Anda lebih awet.

Pastikan Kondisi Aki Prima
Tidak kalah penting yaitu jaga selalu kondisi aki mobil dalam keadaan yang sehat. Aki yang tidak prima membuat pasokan listrik ke head unit tidak stabil. Adapun dalam kondisi ini tentunya bisa merusak peralatan elektronik pada mobil, head unit contohnya. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.