oleh

5 Cara Rawat Kulit Saat Terjadi Kabut Asap

PortalMadura.Com – Polusi sudah menjadi hal biasa yang ditemui setiap hari. Namun seolah masih belum cukup harus berhadapan dengan polusi, saat ini kabut asap juga menjadi ancaman untuk kesehatan kulit. Pembakaran lahan yang terjadi hampir semua wilayah di Indonesia bisa berpotensi adanya kabut asap. Sehingga perlu mencaga kesehatan kulit dari hal itu.

Menurut studi, polusi udara seperti kabut asap dapat menyebabkan masalah kesehatan melalui berbagai mode kontak, seperti menghirup udara bermasalah, penyerapan polusi melalui kulit, maupun konsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi. Artinya, sekadar menggunakan masker saja tidak cukup untuk melindungi kulit Anda dari ancaman kabut asap.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (24/10/2019) dari laman fimela.com yang mengutip dari Tatler Singapura. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit dari kabut asap:

Double Cleansing

Step ini mungkin sudah dipraktikkan tiap harinya, ya. Namun, yang perlu diperhatikan yaitu Anda benar-benar harus membersihkan wajah secara menyeluruh. Sisihkan waktu lebih lama untuk memastikan tiap sudut wajah Anda telah benar-benar bersih dari partikel polusi yang menempel.

Agar kelembapan kulit terjaga, Anda bisa menggunakan first cleanser berupa cleansing balm atau cleansing oil. Saat mencuci wajah dengan sabun cuci muka, Anda juga bisa menerapakan 60 Second Rule.

Lakukan Deep Cleansing

Di luar rutinitas skin care harian Anda, sempatkan waktu 2-3 kali dalam seminggu untuk melakukan deep cleansing agar pori-pori Anda tetap bersih. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan clay mask yang memiliki kemampuan membersihkan pori-pori atau menggunakan chemical exfoliant dengan kandungan BHA agar pori-pori tidak tersumbat.

Tambahkan Soothing Produk dalam Rutinitas Anda

Salah satu ancaman kabut asap terhadap kulit yaitu potensi iritasi dan inflamasi. Nah, untuk mencegah terjadinya masalah kulit ini, tidak ada salahnya untuk menambahkan produk soothing ke dalam rutinitas Anda. Selain untuk menenangkan dan mengondisikan kulit, produk soothing juga bisa memberi kelembapan tambahan pada kulit.

Baca Juga: TNKB Kendaraan Mati, Mobil Fortuner Cakades Diamankan Polisi  

Beri Hidrasi dan Kelembapan Ekstra

Tahukah Anda bahwa salah satu efek terbesar dari kabut asap yaitu dehidrasi tubuh yang dapat berujung pada dehidrasi kulit? Saat kulit dehidrasi, skin barrier yang berperan sebagai pelindung kulit pun tidak akan bekerja maksimal, sehingga dapat memperbesar dampak negatif polusi pada kulit. Dengan menjaga kelembapan kulit, Anda bisa meminimalisir masuknya polusi ke dalam tubuh melalui kulit. Jadi, jangan lewatkan pelembap tiap hari dan perbanyak konsumsi air putih, ya!

Lindungi Kulit

Setelah Anda sudah memastikan kulit bersih dan berada dalam keadaan yang sehat, langkah terakhir yaitu menjaga keadaan kulit Anda agar senantiasa sehat dengan melindunginya. Nah, untuk melindungi kulit, produk yang bisa Anda gunakan tidak hanya sunscreen saja, lho! Anda pun bisa menggunakan serum yang kaya anti-oksidan atau setting spray dengan formula anti polusi.

 

 

Rewriter: Desy Wulandari
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar