5 Cara Sukses Memulai Bisnis Apotek di Masa Pandemi

Avatar of PortalMadura.com
5-Cara-Sukses-Memulai-Bisnis-Apotek-di-Masa-Pandemi
Ilustrasi (mebiso.com)

PortalMadura.Com – Produk kesehatan menjadi salah satu kebutuhan penting yang akan selalu dicari masyarakat. Apalagi masa pandemi seperti sekarang ini, banyak orang beramai-ramai membeli obat, vitamin, hingga kebutuhan kesehatan lainnya.

Bisa dikatakan, apotek menjadi tempat yang paling sering dikunjungi masyarakat ketika kasus Covid-19 khususnya di Indonesia yang semakin melonjak. Apabila dilihat dari sisi bisnis, pastinya apotek saat ini tengah menjadi primadona dan bisa menjadi salah satu pilihan usaha bagi Anda yang ingin berbisnis di sektor farmasi.

Bagaimana, apakah Anda berminat?. Berikut ini cara memulai dengan strategi yang baik sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (19/7/2021) dari laman Idntimes,com:

Tentukan Lokasi Strategis

Lokasi yang strategis akan membawa bisnis Anda kepada banyak pelanggan. Carilah lokasi yang banyak orang berlalu lalang atau pada lokasi tertentu dengan potensi pelanggan yang banyak mencari apotek. Hal ini akan meningkatkan kesempatan untuk menjaring lebih banyak konsumen.

Tentukan Sistem Usaha

Bisnis apotek tidak selalu harus dibangun dengan mandiri, Anda juga dapat memulai bisnis ini dengan sistem waralaba atau franchise. Kini, tidak sedikit brand apotek besar berbasis sistem waralaba.

Untuk memulai dengan sistem ini, Anda harus memiliki modal yang cukup karena sistem ini justru lebih mudah, terutama bagi pemula. Peralatan dan kebutuhan apotek biasanya sudah disiapkan, jadi tinggal menjalankan operasional apotek saja.

Berikan Pelayanan Maksimal

Pelayanan yang baik adalah kunci. Berikan pelayanan yang profesional kepada setiap pembeli. Beberapa hal ini bisa Anda lakukan untuk melayani pelanggan apotek dengan baik.

Pertama, carilah apoteker yang kompeten agar dapat melakukan peracikan obat dengan prosedur yang baik dan benar sesuai dengan resep obat. Tentunya, hal ini akan mengangkat kredibilitas bisnis apotek Anda.

Kedua, melayani dengan ramah. Pembeli akan betah dan kembali lagi membeli obat di apotek Anda jika Anda memberikan pelayanan yang ramah. Selain ramah, Anda juga dapat menjadi informatif dengan memberikan informasi yang jelas ketika pembeli bertanya akan sesuatu.

Jalin Kerja Sama

Menjalin kerja sama dengan bisnis apotek lainnya, seperti apotek besar, dapat menekan biaya penyediaan produk. Hal itu karena apotek-apotek tersebut bertindak layaknya distributor. Mereka menyediakan produk untuk apotek-apotek yang lebih kecil.

Selain itu, menjalin kerja sama bisa meningkatkan omzet penjualan. Omzet ini bisa didapatkan dengan menjalin kerja sama dengan klinik atau dokter untuk menyediakan obat-obatan serta alat kesehatan.

Di lain sisi, langkah ini dapat membantu bisnis apotek Anda untuk menentukan stok obat ke depannya. Jadi, Anda dapat mengetahui obat-obatan mana yang sering digunakan dari kebutuhan klinik atau dokter tersebut.

Salah satu contoh kerja sama adalah dengan BPJS. Dengan menjadi mitra BPJS, apotek Anda akan menyediakan obat-obatan yang sesuai dengan ketentuan pemerintah. Nantinya, apotek Anda akan menjadi rujukan untuk pengguna BPJS agar bisa mendapatkan obat sesuai dengan ketentuan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.