oleh

5 Cara Tak Ingkar Janji pada Orang Lain

PortalMadura.Com – Janji adalah hutang, kalimat itu bisa dibenarkan karena setiap orang yang berjanji harus ditepati. Oleh karena itu, jangan mudah mengumbar janji, tapi nyatanya gagal menepati.

Orang yang ingkar janji akan memberikan kesan buruk bagi orang yang melakukannya. Untuk menghindari hal yang demikian, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman idntimes.com. Berikut penjelasannya:

Belajar Bilang ‘Tidak’ dan Berani untuk Menolak

Bagi sebagian orang, bilang ‘tidak’ itu bukan perkara mudah. Tapi, ini penting banget demi kenyamanan Anda sendiri. Saat ada yang meminta Anda untuk berjanji akan sesuatu, tapi Anda merasa tidak yakin atau tidak nyaman dengan hal itu, belajarlah untuk berkata ‘tidak’.

Anda bisa jelaskan alasan Anda menolak kalau memang dirasa perlu. Daripada malah berakhir mengingkari, lebih baik tidak usah paksakan untuk mengucap janji.

Buatlah Janji yang Lebih Jelas dan Spesifik

Saat hati sedang dilanda perasaan atau emosi tertentu, Anda gampang banget menjanjikan sesuatu, entah untuk diri sendiri maupun orang lain. Parahnya, janji yang terucap terkadang agak berlebihan tanpa memperhitungkan apakah Anda mampu menepatinya.

Untuk mencegah hal ini, ada baiknya Anda memperjelas janji yang akan Anda buat dengan lebih spesifik. Dengan demikian, kesalahpahaman bisa dikurangi ketika Anda tidak sanggup mencapainya.

Mencatat Janji yang Telah Dibuat

Lupa merupakan salah satu sifat manusia yang pasti pernah dialami semua orang. Tapi, hal ini tidak boleh jadi alasan buat Anda untuk ingkar janji. Ketika membuat janji yang berbeda pada banyak orang, ada baiknya untuk merekam atau mencatat semua janji itu.

Jadi, kalau kemudian hari ada orang yang menagih janji tersebut, Anda tidak bingung sendiri. Selain bisa mencegah lupa, dengan mencatat atau merekam, Anda pun secara otomatis akan berupaya untuk memenuhi janji tersebut sebaik mungkin.

Beritahu Lebih Awal Ketika Ada Halangan

Tidak ada yang bisa menebak hal-hal di masa depan. Oleh sebab itu, selalu ada kemungkinan Anda tidak bisa atau harus menunda janji yang dibuat. Untuk menghindari kecewanya pihak lain, usahakan untuk berkomunikasi lebih awal pada mereka.

Jelaskan mengapa Anda belum bisa menepati janji Anda dalam kurun waktu tertentu. Atau kalau memungkinkan, Anda bisa mencoba menawarkan alternatif lain untuk mengganti janji yang belum bisa Anda penuhi tersebut.

Buatlah Janji yang Sekiranya Mampu Ditepati

Sejumlah orang terkadang membuat janji bukan karena mereka benar-benar ingin, namun karena ada tekanan atau alasan lainnya. Jika demikian, maka tidak heran kalau janji tersebut justru malah menjadi beban dan seringnya tidak bisa terpenuhi.

Itulah mengapa, Anda harus mengutamakan membuat janji yang memang ingin Anda buat. Selain itu, Anda juga perlu memahami kemampuan yang Anda miliki sebagai pertimbangan di masa depan dalam menepati janji tersebut.

Demikianlah beberapa cara yang bisa membantu Anda untuk menghindari ingkar janji pada orang lain. Terlepas dari kecil atau besarnya janji yang telah Anda buat, sangatlah penting untuk tetap menepatinya. Jadi jangan anggap sepele sebuah janji ya!

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Idntimes.Com

Komentar