5 Cara Tepat Atasi Anak Tantrum Tanpa Ponsel

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Tepat Atasi Anak Tntrum Tanpa Ponsel
Ilustrasi

PortalMadura.Com, Sumenep – Mengahadapi anak yang rewel bukanlah perkara yang mudah bukan? Sebab ketika anak mengalami tantrum, banyak drama yang dibikinnya, mulai dari menangis kencang, melempar barang, hingga berguling-guling di lantai.

Sebagai orang tua tentu membutuhkan cara yang tepat untuk mengatasi anak yang sedang mengamuk. Namun sebagian besar orang tua mengambil jalan pintas untuk menanganisnya, dengan memberikan ponsel atau gadget misalnya.

Perlu Anda ketahui, pemberian ponsel pada si kecil tidak bisa dikatakan benar sepenuhnya. Karena penggunaan medium hiburan seperti ponsel dapat membatasi kemampuan anak untuk mengekspresikan dan mengontrol emosinya, terutama pada anak usia di bawah lima tahun.

Perlu Anda pahami, di usia tersebut dihimbau untuk tidak terpapar layar ponsel selama lebih dari satu jam per hari. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga fungsi otak si kecil, Bunda.

Nah kini Anda tak perlu bingung, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda terapkan bila si kecil mengalami tantrum seperti dilansir dari cnnindonesia.com yang mengutip dari Times of India.

Pahami Perasaannya

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan kesempatan si kecil untuk bicara. Biarkan ia mengekspresikan emosinya dan cobalah untuk memahami situasi dari sudut pandang si kecil.

Baca Juga : Bunda, Ini 4 Cara Cegah Si Kecil Tantrum

Bermain Bersama

Cobalah mengajaknya melakukan permainan yang ia sukai atau aktivitas lain yang menyenangkan dari pada Anda alihkan Anak ke ponsel. Hal ini bisa meredakan amarah anak sekaligus semakin mendekatkan Anda dengan si kecil.

Berikan Pujian

Dari pada Anda mengatakan kepada si kecil bahwa mengamuk adalah hal yang salah, cobalah untuk mengahargai kemampuannya untuk mengekspresikan emosinya. Selanjutnya Anda bisa berikan pengertian mengenai cara mengekspresikan emosi dengan lebih baik.

Menyanyi dan Menari

Bunda, perlu Anda ketahui bahwa ponsel bukanlah satu-satunya cara untuk menghibur anak yang tantrum. Anda bisa memutar musik yang menyenangkan dan menyanyikan bersama dengan sang buah hati sambil menari.

Berikan Pelukan

Pelukan bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi anak tantrum. Ketika Anda melakukannya, maka anak akan merasa lebih aman serta dipedulikan. Selain itu, pelukan juga terbukti mampu mengurangi rasa stres dan memperbaiki komunikasi.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi anak yang sedang rewel tanpa menggunakan ponsel atau gedget. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.