5 Ciri Kehamilan yang Hampir Sama dengan Siklus Menstruasi

Avatar of PortalMadura.com
5 Ciri Kehamilan yang Hampir Sama dengan Siklus Menstruasi
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sering kali tanda kehamilan begitu samar dan serupa dengan tanda kondisi lain, misalnya ketika memasuki masa menstruasi. Hal itu disebabkan banyaknya wanita yang keliru menangkap tanda yang muncul.

Ciri- memang beragam. Kadang ibu hamil mengalami gejala yang hampir serupa dengan gejala ketika ingin memasuki atau sedang menstruasi. Lantas, apa saja tanda kehamilan yang sama atau mirip dengan menstruasi?.

Berikut ini lima ciri kehamilan yang hampir sama dengan menstruasi:

Munculnya Flek atau Bercak Darah
Sebagian ibu hamil mengalami tanda-tanda awal kehamilan dengan munculnya flek atau bercak darah. Bercak darah yang muncul sebagai tanda awal kehamilan ini disebut implantasi. Flek atau bercak darah ini juga muncul sebagai tanda awal menstruasi. Namun, flek atau bercak darah yang muncul ketika wanita memasuki menstruasi, biasanya diawali dengan flek kecoklatan kemudian berlanjut dengan keluarnya darah haid.

Kram Perut
Kram perut pada saat menstruasi mungkin merupakan hal yang biasa, namun ada juga ibu hamil yang mengalami kram perut pada masa awal kehamilannya. Hal ini dikarenakan terjadinya implantasi embrio.

Sakit Punggung
Bertambahnya berat janin yang dikandung ibu, membuat ibu hamil kerap kali mengalami sakit punggung. Sakit punggung juga biasanya dialami oleh wanita yang sedang mentruasi.

Mudah Kelelahan dan Pusing
Mudah kelelahan dan pusing muncul sebagai tanda awal kehamilan, hal ini dikarenakan penurunan tekanan darah dan penyempitan pembuluh darah. Saat memasuki siklus menstruasi, kebanyakan wanita juga akan mengalami hal yang sama, mudah kelelahan dan pusing. Akan tetapi pada wanita yang sedang menstruasi, lelah dan pusing disebabkan karena jumlah darah yang keluar, sehingga wanita yang sedang menstruasi berisiko mengalami anemia.

Baca Juga: 6 Tanda Awal Kehamilan Selain Terlambat Menstruasi

Mood Swing
Mood swing atau perubahan suasana hati sama-sama dialami oleh ibu hamil dan wanita yang sedang menstruasi akibat perubahan hormon.

Perlu diketahui, bahwa tanda-tanda kehamilan yang dialami ibu hamil tidak semuanya sama. Agar Anda tidak menebak-nebak apakah hamil atau akan memasuki siklus menstruasi, ada baiknya segera lakukan pengecekan dengan testpack atau USG apabila mengalami gejala di atas disertai terlambat datang bulan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.