5 Ciri Pria Saleh Menurut Alquran dan Hadis

Avatar of PortalMadura.Com
5 Ciri Pria Saleh Menurut Alquran dan Hadis
ilustrasi

PortalMadura.Com – Siap yang tidak mau memiliki lelaki yang ? Sebagian besar wanita muslim tetunya ingin memiliki suami atau anak yang saleh. Namun, kriteria saleh ini tiak bisa diukur berdasarkan, melainkan berasarkan pada ketentuan Alquran dan hadis.

Berikut adalah ciri-ciri pria saleh berdasarkan Alquran dan hadis yang perlu diketahui

Selalu Ingat Kepada Allah Dimanapun Berada
Keimananya yang kukuh dan teguh dapat mengikat qalbu nya agar patuh hanya kepada Allah, serta gak pernah menjauhkan kewajibannya sebagai muslim. Ciri laki-laki seperti ini lebih mengarah tak akan menyimpang dari ajaran agamanya bahkan akan mengarahkan Anda ke dalam hal kebaikan, selain itu pria ini tidak akan menjerumuskan istrinya ke hal aktivitas yang buruk, dia akan selalu mengingatkan Anda salat, dan akan menggiringmu ke jalan yang benar menurut islam, semua itu Dia lakukan semata-mata karena Allah SWT.

“ Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku, semua bagi Allah tuhan semesta alam.” (QS. Al-An' aam [6]:162).

Selalu Menghindari Perilaku dan Perkataan yang Buruk
Akhlak yang mulia bisa mencegah seseorang dari ucapan dan aktivitas yang tidak menyenangkan, selain itu orang yang memiliki akhlak mulia cenderung selalu menjaga hubungan dengan baik terhadap seseorang maupun kepada Allah SWT, jadi jangan heran apabila orang yang punya akhlak bagus senantiasa dihormati orang bahkan akan senantiasa lembut serta berusaha untuk membahagiakan pasangannya.

“ Yang paling sempurna imannya di antara kalian adalah yang paling baik akhlaknya. Dan yang paling baik di antara kalian adalah yang paling baik kepada istri-istrinya.” (HR. Turmudzi).

Mampu Mengendalikan Hawa Nafsu dan Tidak Pernah Menjerumuskan Dirinya dan Orang Lain ke Hal yang Tidak Baik
Pada dasarnya manusia itu memiliki sifat baik dan yang tidak baik, sehingga penting sekali bagi seorang muslim untuk memiliki keribadian yang mampu menahan hawa nafsunya. Selain itu orang yang mampu mengendalikan hawa nafsu sangat mudah untuk tetap bersabar, tidak mudah emosi, dan selalu beristighfar jika hawa nafsunya sudah merajai dirinya. Tentunya pria dengan ciri seperti ini akan sangat bijak dalam memutuskan sesuatu hal yang penting.

“ Tidak beriman seseorang dari kamu sehingga ia menjadikan hawa nafsunya mengikuti apa yang aku bawa (ajaran Islam)” (HR. Hakim).

Tidak Akan Menyia-nyiakan Waktu dan Tetap Menepati Janji.
Sifat ini merupakan hal penting yang harus dimiliki pria islam sejati. Dia tidak akan membuang-buang waktunya selama hidup, tetap memanfaatkan waktu untuk hal yang bermanfaat, bahkan cenderunng tetap menepati janjinya terhadap siapapun.

Waktu itu sangat penting dalam islam sehingga Rasulullah sendiri pernah menyinggunggya “hidup sebelum mati, muda sebelum tua, sehat sebelum datang sakit, senggang sebelum sibuk dan kaya sebelum miskin.”

Demikian beberapa ciri-ciri laki-laki saleh yang diisyaratkan dalam Alquran dan hadis. Selain yang disebutkan di atas, tentunya masih banyak lagi tanda-tanda kebaikan yang tercermin dari akhlak laki-laki saleh. Semoga Bermanfaat. (islampos.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.