5 Dampak Buruk Jika Gunakan Makeup Terlalu Banyak

Avatar of PortalMadura.Com
5 Dampak Buruk Jika Gunakan Makeup Terlalu Banyak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Wanita selalu ingin tampil cantik dan sempurna. Sehingga mereka melakukan segala macam cara untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Salah satunya menggunakan .

Biasanya ritual menggunakan makeup bukan hanya 1 langkah diterapkan wanita, bahkan bisa sampai 10 langkah untuk mendapatkan kulit yang sehat, flawless dan glowing. Namun, penerapan makeup seperti ini justru bisa mendatangkan dampak buruk bagi kulit. Lantas apa saja dampaknya bagi kulit?

Berikut ulasannya:

Timbul Ruam dan Rasa Gatal
Kulit yang memerah, meradang, atau timbul rasa gatal secara tidak merata bisa menjadi beberapa tanda bahwa tengah menggunakan produk perawatan yang dapat memicu reaksi negatif kulit. Ahli dermatologi di Beverly Hills, California, menjelaskan bahwa ruam pada kulit bisa disebabkan oleh bahan pengawet, pewangi ataupun acrylate yang ada di dalam produk skin care.

Untuk mengatasinya, beri kulit jeda dengan bisa menghentikan pemakaian produk yang mengandung wewangian dan bahan kimia yang dominan.

Adanya Rasa Kencang dan Efek Kulit yang ‘Tertarik'
Apabila sudah merasakan adanya sensasi kulit ‘tertarik' semakin kencang, bisa jadi itu yaitu tanda bahwa salah satu dari rangkaian produk skin care yang digunakan justru malah mengurangi kadar hidrasi kulit. Jika merasakan sensasi ini, sebaiknya segera menghentikan pemakaian produk guna mencegah produksi minyak di kulit menjadi berlebihan.

Kulit Mengilap Tapi Tidak Berminyak
Kulit yang tampak mengilap namun tidak berminyak ternyata juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa telah melakukan eksfoliasi yang berlebihan. Hal ini umumnya disebabkan oleh terlalu banyaknya produkchemical exfoliator ataupun physical exfoliator yang dikenakan. Pssst, terlalu sering menggunakan produk eksfoliator juga nggak baik bagi kulit, lho! Salah satu akibatnya, kulit jadi mudah timbul rasa perih yang tentunya saja dapat mengganggu aktivitas.

Produksi Minyak Berkurang
Kulit dengan kadar minyak yang cukup akan menunjukan tanda keseimbangan. Jika produk-produk skin care yang digunakan selalu terasa berminyak sepanjang hari, artinya produk tersebut tidak terserap dengan baik pada kulit. Hal ini akan memberi Anda pada kelenjar yang memproduksi minyak untuk menunda produksi minyak karena kadar minyak di permukaan kulit masih banyak. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, maka kelenjar minyak pun akan malas bekerja dan berujung pada dehidrasi kulit.

Muncul Masalah Kulit Lain
Bagi pemilik kulit kering, menggunakan produk pelembap dengan takaran yang berlebihan mungkin akan terasa nyaman di wajah karena terasa wajah yang terhidrasi sempurna. Sayangnya, jika mengaplikasikan terlalu banyak produk pelembap, bahkan hingga produknya tidak menyerap sempurna ke dalam lapisan kulit, harti-hati! Hal tersebut dapat menjadi pertanda bahwa melakukan over-moisturizing. Bukannya mengatasi permasalahan kulit, namun justru menimbulkan masalah kulit lainnya. Sebut saja komedo ataupun jerawat. (fimela.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.