5 Dampak Negatif Terhadap Otak Tanpa Anda Sadari

Avatar of PortalMadura.com
5 Dampak Negatif Terhadap Otak Tanpa Anda Sadari
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Menjaga kesehatan seluruh hal memang merupakan hal yang baik dan disarankan. Namun, selama ini terdapat hal terpenting yang luput dari perhatian banyak orang yaitu pada otak.

Bahkan seseorang menjaga kesehatan dengan lebih banyak memperhatikan sejumlah kondisi fisik mereka. Hal lain yang kadang menjadi perhatian mereka adalah kesehatan organ dalam seperti jantung dan paru-paru.

Otak merupakan organ tubuh yang paling kompleks dan memegang peran penting terhadap seluruh fungsi tubuh. Otak bisa sangat sensitif dan mempengaruhi gaya hidup seseorang. Sayangnya bagian terpenting ini malah sering lepas dari pengawasan.

Penelitian terdahulu menyebutkan bahwa perubahan gaya hidup yang sederhana bisa membantu mencegah penurunan kognitif. Terdapat pola makan yang bisa meningkatkan kinerja otak juga dan memiliki manfaat baik jangka panjang maupun pendek terhadap organ tubuh.

Dilansir merdeka.com dikutip dari Medical Daily, selama ini karena otak memang dalam posisi tak terlihat, banyak orang yang tanpa sadar melakukan sejumlah aktivitas yang bisa menyakiti organ tersebut secara perlahan. Berikut sejumlah aktivitas yang tanpa Anda sadari bisa menyakiti otak secara perlahan.

Menutupi Kepala saat Tidur
Tidur dengan kepala tertutup bisa menimbulkan masalah pada otak karena membatasi asupan oksigen. Hal ini bisa membuatmu tak sengaja menghirup udara yang baru saja Anda embuskan. Kurangnya oksigen di dalam otak ini bisa tingkatkan risiko penyakit demensia dan alzheimer.

Kurang Olahraga dan Aktivitas
Beraktivitas secara fisik dan mental bisa meningkatkan kesehatan otak. Kurangnya olahraga atau aktivitas bisa berdampak negatif pada ingatan dan membuatmu berisiko terkena demensia. Sejumlah aktivitas seperti membaca dan bersosialisasi diketahui cukup efektif untuk menstimulasi otak.

Kualitas Tidur Buruk
Kurang tidur terutama pada jangka panjang bisa mengakibatkan masalah pada otak. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit neurologikal. Ketika tidur, tubuh bekerja mengusir racun dan hal-hal lain dari otak.

Kurang tidur terutama secara terus-menerus mungkin memperlambat proses penyembuhan ini dan menyebabkan terbentuknya kandungan berbahaya.

Dehidrasi
Kurangnya air di dalam tubuh tidak hanya berpengaruh secara fisik saja namun juga bisa mempengaruhi otak. Dehidrasi dapat menyebabkan migrain, perubahan mood, kecemasan, serta kelelahan. Otak memiliki kandungan air dan dehidrasi diketahui bisa mengurangi volume otak dan mempengaruhi fungsinya.

Stres
Stres yang kronis bisa memicu produksi hormon steroid bernama kortisol. Kelebihan kortisol di dalam tubuh bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon, kanker, bertambahnya berat badan, kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Stres juga diketahui bisa mempengaruhi kelenjar adrenal. Hal ini mungkin membuatmu mengalami brain fog, kehilangan ingatan, serta kecemasan. Sejumlah hal tersebut bisa tanpa Anda sadari menyebabkan masalah pada otak. Sebisa mungkin hindari sejumlah hal tersebut untuk menjaga kesehatan otakmu pada jangka panjang.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.