5 Dampak Positif saat Orangtua Memberikan Pelukan pada Anaknya

Avatar of PortalMadura.com
5 Dampak Positif saat Orangtua Memberikan Pelukan pada Anaknya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Ketika masih kecil hingga tumbuh dewasa, pastinya orangtua selalu menyayangi anak-anaknya. Terkadang orangtua rela melakukan hal apapun untuk anaknya agar mereka merasa bahagia.

Ungkapan kasih sayang orangtua kepada anaknya bisa ditunjukkan dengan berbagai cara. Setiap orangtua tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Mulai dari menyekolahkannya di lembaga pendidikan berkualitas, memberikan anak dengan segudang hadiah, atau mengajaknya berlibur di setiap akhir pekan.

Namun, ada hal yang lebih penting dari kebiasaan memanjakan anak yang justru kerap orangtua lupakan, yaitu berupa kontak fisik atau sentuhan. Salah satunya dengan memberikan pelukan.

Dilansir PortalMadura.Com dikutip dari fimela.com, pelukan adalah curahan rasa sayang yang paling besar dan bermakna. Pelukan seorang orangtua terhadap anak ternyata memiliki dampak positif bagi anak. Bagaimana bisa? Berikut ini beberapa untuk buah hatinya.

Membantu Perkembangan Otak
Pulukan seorang orangtua untuk anaknya bukan hanya mencurahkan kasih sayang, tetapi dapat membantu perkembangan otak anak. Dengan memberikan pelukan, akan membuat anak lebih merasa aman terhadap lingkungannya.

Baca Juga: Soengkono Sidik Serahkan Formulir Bacabup ke Partai Demokrat Sumenep

Selain itu pelukan juga dapat membuat anak melakukan kegiatan dengan maksimal, yang berdampak pada jangka panjang baik dari segi lingkungan atau perilakunya ketika dewasa.

Menghindari Stres pada Anak
Hormon endorfin pada tubuh Anda, ternyata dapat membantu menenangkan syaraf pada anak. Terlebih jika anak sedang marah, orangtua akan dapat menenangkan si kecil dengan memeluknya, mungkin juga akan membantu supaya anak tidak mudah rewel.

Memperkuat Daya Tahan Tubuh
Sistem syaraf otonom pada anak belum berkembang secara sempurna, sehingga membuatnya sulit untuk mengontrol emosi. Oleh sebab itu jika Anda, memeluk anak akan membantu sistem syarafnya dalam keadaan seimbang. Ketika hormon oksitosin yang dilepaskan maka aliran darah akan lancar yang dapat memperkuat daya tahan tubuh anak.

Membantunya Tampil Percaya Diri
Melimpahkan kasih sayang kepada anak dengan melalui pelukan, dapat membantunya menjadi anak yang lebih percaya diri. Anak akan selalu berpikir optimis dalam melakukan suatu hal. Anak yang tampil percaya diri cenderung memiliki pergaulan yang luas.

Media Mengatasi Konflik
Pelukan seorang orangtua juga dapat membantu mengatasi konflik pada anak. Seiring bertambahnya usia anak akan mulai belajar dengan hal-hal baru untuk menunjang pengetahuannya, misalnya seperti menulis. Jika anak mengalami penolakan untuk melakukan belajar menulis, cobalah untuk memeluknya supaya anak lebih tenang dan memberikan ia pengertian kepada anak, jika ini harus dilakukan.

Nah, mulai sekarang cobalah untuk lebih sering memeluk buah hati, demi menunjang perkembangannya. Selain itu juga dapat memperkuat ikatan batin antara anak dan iu.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.