oleh

5 Dana Penting yang Harus Anda Siapkan Sejak Usia 20-an

PortalMadura.Com – Setiap orang pasti mengalami masa peralihan dari remaja ke dewasa yaitu pada usia 20-an. Pada masa ini seseorang sudah memasuki dunia kerja, masa di mana tidak lagi memikirkan hanya bermain-main saja tapi lebih kepada overthingking dengan masa depan.

Mulai mempersiapkan segala sesuatunya pada usia 20-an merupakan cara yang tepat. Sebab, ada banyak yang harus dipersiapkan pada masa-masa tersebut untuk mencapai kebebasan finansial di masa tuanya, salah satunya dana terkait masa depan.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Kapal Karam dan Dua Kerangka Jenazah Berhasil Dievakuasi Tim Sar Polda Jatim

Lebih lengkapnya, berikut ini sejumlah dana yang setidaknya bisa Anda pikirkan untuk segera dipersiapkan sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (16/8/2021) dari laman Idntimes.com:

Dana Darurat

Dana darurat adalah dana atau sejumlah uang yang disimpan untuk berjaga-jaga jika di kemudian hari menghadapi keadaan darurat. Keadaan darurat di sini adalah ketika ada suatu kejadian tidak mengenakkan di luar kebiasaan atau di luar rencana, seperti contohnya kebakaran, kerusakan rumah, sakit, kecelakaan, atau kehilangan pekerjaan. Pada waktu-waktu tersebutlah dana darurat menjadi peran utama.

Besar dana darurat yang harus disiapkan untuk yang masih sendiri setidaknya 3-6 kali pengeluaran pokok. Sedangkan untuk yang sudah berkeluarga setidaknya butuh dana darurat 6-12 kali pengeluaran pokok.

Dana Pernikahan

Ketika memasuki usia 20-an, menikah menjadi salah satu life goal untuk banyak orang. Terutama bagi yang sudah memiliki pacar, menikah akan menjadi target dari hubungan percintaan tersebut. Untuk itu mempersiapkan dana pernikahan harus mulai Anda lakukan mesikpun masih single.

Supaya tidak berat, Anda bisa mulai menyisihkan 20-30 persen dari gaji Anda setiap bulan untuk tabungan pernikahan. Lebih bagus ketika Anda sudah mulai serius dan membicarakan kapan akan menyelenggarakan pernikahan bersama pasangan.

Karena dengan begitu, Anda jadi tahu berapa uang yang harus Anda tabung dan berapa lama harus menabung untuk bisa mewujudkan pernikahan tersebut. Namun, untuk yang masih sendiri juga bisa mulai mempersiapkan dana pernikahan dengan cara menabung tiap bulan. Jika jodoh Anda datang, dana pernikahan sudah bisa digunakan.

Dana Membeli Rumah

Mempunyai rumah di usia 20-an rasanya tidak mungkin bisa diraih oleh banyak orang. Hanya segelintir orang yang sudah mempunyai rumah di usia 20-an. Harga rumah yang mahal dan setiap tahun selalu naik, menjadi momok bagi anak muda. Namun, di usia 20-an, Anda bisa mulai untuk mempersiapkan dana membeli rumah dengan cara menabung ataupun berinvestasi.

Setelah melangsungkan pernikahan, Anda bisa mulai membicarakan memiliki rumah dengan pasangan dan mulai merencanakan investasi untuk membeli rumah. Anda bisa saja menabung di bank seperti biasanya, tetapi akan lebih maksimal jika uang tersebut diinvestasikan, karena berpotensi mendapatkan imbal hasil yang lebih tinggi daripada tingkat inflasi. Namun, disesuaikan juga dengan profil risiko investasi Anda, dan pastikan Anda tahu kemana harus berinvestasi. Jangan sampai terjerat dengan investasi bodong.

Dana Pendidikan Anak

Salah satu dana yang harus dipikirkan oleh Anda ketika memasuki usia 20-an adalah dana pendidikan anak, terlebih untuk Anda yang sudah menikah dan memiliki anak. Memastikan anak bisa mendapatkan pendidikan yang layak adalah tanggung jawab orang tua, untuk itu orang tua harus siap secara finansial.

Terutama jika anak ingin bersekolah di tempat yang butuh biaya besar, seperti sekolah penerbangan atau ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri. Tentu sebagai orang tua ingin sekali mewujudkan cita-cita anak, untuk itu merencanakan pendidikan anak sedini mungkin akan lebih baik.

Dana Pensiun

Memasuki masa pensiun dengan keadaan keuangan yang berkecukupan adalah keinginan yang wajar. Hidup di masa tua dengan nyaman, menghabiskan waktu dengan keluarga atau dengan melakukan hobi adalah life goal yang tidak bisa dimiliki oleh banyak orang.

Oleh karena itu, mempersiapkan dana pensiun menjadi salah satu yang harus Anda pikirkan supaya masa tua Anda tidak lagi harus bekerja keras. Meskipun terasa terlalu awal jika membicarakan dana pensiun di usia 20-an, tetapi mempersiapkan sejak dini juga bukan kesalahan. Setidaknya jika mulai memikirkan dana pensiun sejak awal, Anda bisa lebih bijak dalam mengelola uang, dan bisa mempersiapkan dengan matang.

Memang setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda. Namun, jika sejak dini Anda mulai berpikir tentang masa depan, kemudian mulai mengambil langkah dengan perlahan, bukan tidak mungkin kelima dana tersebut bisa Anda capai.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar