oleh

5 Fakta Alergi Kacang yang Perlu Anda Ketahui

PortalMadura.Com – Alergi pada satu makanan umum terjadi pada setiap orang. Biasanya orang banyak alergi dengan makanan sea food dan bahkan ada yang alergi pada kacang. Dulunya alergi kacang banyak dialami oleh orang Negara Barat namun saat ini orang Asia cukup banyak yang mengalami.

Gejala yang muncul karena alergi ini biasanya gatal dan bahkan ada yang meninggal. Tentunya ini sangat mengkhawatirkan jika sampai menyebkan meninggal. Sehingga Anda harus tahu fakta sebenarnya mengenai alergi kacang yang dilansir dari laman Popmam.com.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Menunda memperkenalkan kacang sejak dini justru menambah risiko alergi kacang

Fakta pertama yang harus Anda ketahui adalah tidak segera memperkenalkan kacang pada bayi jusru menambah resiko alergi. Hal ini mungkin terdengar aneh namun harus Anda ketahui. Memberikan kacang dalam jumlah sedikit demi sedikit dapat meningkatkan toleransi bayi alergi terhadap makanan ini.

Alergi kacang bukan hanya yang dimakan, tapi juga yang disentuh

Uniknya ada yang alergi kacang walau tidak dimakan dan alergi melalui sentuhan. Hal ini terjadi karena kulit yang bertugas sebagi pelindung tidak berfungsi dengan baik. Perbedaan fungsi penghalang inilah yang menjelaskan mengapa anak-anak dengan eksim parah lebih berisiko mengalami alergi makanan.

Bayi bisa mulai makan kacang sejak usia 6 bulan

Sebaiknya coba kenalkan bayi makan kacang saaat berusia enam bulan. Tetapi sebelumnya Anda harus skrining untuk alergi kacang pada bayi Anda. Lebih baik memastikan terlebih dahulu walau di keluarga Anda tidak ada riwayat alergi kacang.

Tawarkan kacang secukupnya saja

Anda bisa memberikan selai kacang sebanyak dua sendok teh tdalam tiga kali seminggu sampai usia lima tahun. Anda bisa memberikan secara langsung atau dicampurkan dengan oatmeal, bubur buah, dan sayuran. Tidak disarankan untuk memberikan kacang dalam bentuk utuh karena ini berisiko bayi tersedak.

Diet kehamilan mama tidak memengaruhi alergi bayi

Anda yang melakukan diet kehamilan tidak memengaruhi alergi pada bayi. Namun jika ada riwayat dari Anda dan keluarga maka anak Anda juga berisiko mengalami alergi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan menambah wawasan mama terhadap berbagai risiko alergi yang mungkin di derita si kecil.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar