5 Fakta Menarik Tentang Manfaat Buah Apel Bagi Tubuh

Avatar of PortalMadura.com
5 Fakta Menarik Tentang Manfaat Buah Apel Bagi Tubuh
5 Fakta Menarik Tentang Manfaat Buah Apel Bagi Tubuh

PortalMadura.Com – Siapa yang tidak tahu bahwa buah-buahan mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Tentu saja salah satunya adalah buah apel.

Buah yang banyak dijumpai di daerah bersuhu tinggi ini rupanya dapat memberikan puluhan manfaat bagi orang yang mengkonsumsinya.

5 Fakta Menarik Tentang Manfaat Buah Apel Bagi Tubuh

Ada beberapa manfaat kesehatan buah apel yang jarang sekali dibahas dan diketahui oleh banyak orang. Apa saja? Ini dia daftarnya.

Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Studi di Brazil menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi buah apel atau pir setidaknya 3 sehari selama diet akan lebih cepat menurunkan berat badan, dibandingkan mereka yang tidak memasukkan buah-buahan dalam menu diet.

Dala program diet ,apel sangat membantu menunjang keberhasilan program yang dijalankan. Sehingga sangat dianjurkan mengkonsumsi buah apel saat melakukan program diet. Hal ini disebabkan karena manfaat buah apel yang mengandung serat yang tinggi sehingga mencegah lapar datang lebih cepat.

Mencegah Asma

Studi terkini menunjukkan bahwa seorang anak yang mengkonsumsi jus apel setiap hari secara rutin memiliki resiko sangat rendah terkena gangguan pernafasan dibandingkan anak yang hanya mengkonsumsi jus apel sebulan sekali.

Baca Juga:  Anda Sering Sakit Punggung? Hindari 3 Makanan Ini!

Selain itu, penelitian lain juga menunjukkan anak yang dilahirkan dari seorang ibu yang gemar mengkonsumsi apel setiap harinya memiliki resiko yang rendah terkena asma, dibandingkan ibu hamil yang tidak mengkonsumsi jus apel.

Mencegah Kanker

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Hawaii, terdapat kaitan antara mengonsumsi apel dengan risiko terkena kanker paru-paru pada pria dan wanita. Penelitian ini mengungkap bahwa mengonsumsi apel secara teratur bisa menurunkan risiko terkena kanker paru-paru sebesar 40 – 50 persen.

Hal ini bisa jadi disebabkan oleh kadar antioksidan yang terdapat dalam apel. Antioksidan pada apel akan mematikan hormon yang berkaitan dengan munculnya kanker pada paru-paru.

Sementara itu, penelitian lain di Harvard Medical School mengungkap bahwa konsumsi apel secara teratur akan menurunkan risiko kanker paru-paru pada wanita hingga 21 persen.

Baca Juga:  Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Semangka bagi Tubuh Manusia

BACA JUGA: 10 Manfaat Buah Delima bagi Kesehatan

Memperpanjang Usia

Berdasarkan penelitian oleh American Chemical Society tahun 2011, peneliti mengungkap bahwa apel memiliki khasiat memperpanjang usia hingga 10 persen pada binatang.

Penelitian juga menunjukkan bahwa zat dalam apel bisa meningkatkan kemampuan motorik binatang.

Meski penelitian ini dilakukan pada binatang, namun peneliti juga menjelaskan bahwa hal tersebut bisa berlaku pada manusia.

Penglihatan Lebih Jernih

Rutin mengkonsumsi apel tiap harinya, berperan besar mencegah munculnya berbagai gangguan kesehatan pada organ mata yang mana salah satunya yaitu katarak.

Itulah beberapa manfaat kesehatan buah apel yang jarang diketahui oleh banyak orang. Tunggu apa lagi? Apel cukup murah dan mudah didapatkan, serta mengandung banyak manfaat kesehatan!.

Baca Juga:  Anda Sering Sakit Punggung? Hindari 3 Makanan Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.