5 Fungsi dan Khasiat Vitamin D Bagi Kesehatan Tubuh yang Harus Anda Tahu

Avatar of PortalMadura.com
5 Fungsi dan Khasiat Vitamin D Bagi Kesehatan Tubuh yang Harus Anda Tahu
ilustrasi

PortalMadura.Com – Para ahli kesehatan sering menyarankan seseorang untuk mendapatkan paparan sinar matahari demi . Sayangnya, tidak banyak dari mereka yang tahu apa sebenarnya fungsi dan manfaat vitamin D bagi kesehatan tubuh.

Secara umum, sebenarnya paparan sinar matahari yang dianjurkan adalah sinar matahari pagi dan sinar matahari sore. Sinar matahari juga tidak benar-benar mengandung vitamin D, namun membantu memecah vitamin D agar bisa lebih mudah diserap tubuh.

Nah, berikut ini lima fungsi dan manfaat vitamin D bagi kesehatan tubuh:

Menjaga Kesehatan Tulang
Vitamin D memegang peranan besar dalam regulasi kalsium dan fosfor dalam darah. Dua mineral ini penting bagi kesehatan tulang manusia.

Nah, vitamin D berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium dari usus agar tidak terbuang ke ginjal.

Cegah Flu dan Diabetes
Sebuah studi menyebut pemberian 1.200 IU vitamin D setiap hari selama 4 bulan mampu mencegah infeksi flu di musim dingin hingga 40 persen.

Studi lainnya menyebut kurangnya vitamin D berdampak pada produksi insulin dan toleransi gula. Pemberian vitamin D 2.000 IU per hari mampu mengurangi risiko diabetes hingga 88 persen.

Cegah Alergi pada Anak
Pemberian 2.000 IU vitamin D per hari selama 16 minggu bisa menurunkan risiko terjadinya alergi pada anak-anak. Sedangkan, kekurangan vitamin D juga dikaitkan dengan peningkatan risiko asma, dermatitis atopi, dan eksim.

Jaga Kehamilan Tetap Sehat
Vitamin D juga bermanfaat untuk ibu hamil, di mana konsumsi suplemen vitamin D pada ibu hamil bisa menurunkan risiko bayi lahir caesar.

Selain itu, mengonsumsi vitamin D pada ibu hamil juga mengurangi risiko preeklampsia, diabetese gestasional, dan infeksi bakteri vaginosis.

Cegah Kanker
Vitamin D memegang peranan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan sel. Oleh karena itu, fungsi vitamin D untuk mencegah kanker banyak diteliti.

Salah satunya, kecukupan vitamin D dapat menghambat progres kanker dengan cara mencegah sel-sel sehat berubah menjadi kanker.(detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.