5 Hal yang Bisa Anda Ajarkan pada Anak Agar Mencintai Ramadan

Avatar of PortalMadura.com
5 Hal yang Bisa Anda Ajarkan pada Anak Agar Mencintai Ramadan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi seorang anak yang baru menjalankan ibadah puasa, biasanya tidak sedikit yang kemudian mengeluh akan puasanya itu. Rasa bosan menahan haus dan lapar menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua dalam mendidik si kecil.

Orang tua perlu memutar otak agar buah hatinya merasa bahagia dan mencintai bulan suci yang penuh rahmat ini dengan cara menyenangkan. Bagaimana caranya?.

Berikut ide-ide yang bisa dilakukan agar anak bisa :

Mendekorasi Rumah
Aktivitas mendekorasi rumah bisa sangat menyenangkan di mata anak. Di Jepang, orang tua Muslim biasanya menggelar lomba menghias apato atau semacam apartemen tempat tinggal penduduk di sebuah kompleks dan melibatkan anak-anak di dalamnya.

Anda bisa membeli lampu kertas warna-warni dan memasangnya di ruang tamu. Anda bisa menuliskan pesan-pesan dan semangat Ramadan di pintu kulkas, di jendela, atau di pintu kamar anak.

Menandai Kalender Ramadan
Menandai hari dalam kalender Ramadan juga menyenangkan untuk anak. Anda bisa berkreasi, misalnya membuat catatan khusus di setiap tanggal puasa sesuai usia dan kemampuan membaca anak.

Buatlah pesan-pesan penyemangat, misalnya “Allah sangat menyayangimu” di hari Senin, “Anak hebat tidak makan minum apa pun mulai dari matahari terbit sampai terbenam” di Selasa, atau kutipan ayat-ayat Alquran dan hadis Nabi.

Kalender Ramadan ini bisa dibuat khusus dari karton dan kain perca warna-warni. Setiap tanggal dibentuk kantong dan pesan-pesan di atas disisipkan di selembar kertas di dalamnya.

Ajarkan Hakikat dan Tujuan Ramadan
Anak-anak juga didorong memahami hakikat dan tujuan Ramadan. Orang tua penting menjelaskan ke buah hati, mengapa Ramadan itu penting?.

Setelah memahami hakikat dan tujuan Ramadan, ajak anak untuk membuat target-target kecil yang bisa mereka lakukan selama Ramadan. Tuliskan itu di secarik kertas atau dalam bentuk agenda yang menarik. Target-target tersebut misalnya, tarawih tidak boleh bolong, membaca Alquran minimal sekali sehari, dan sebagainya.

Ajari Anak Bersedekah
Mengajarkan anak rajin bersedekah selama Ramadan salah satu cara terbaik menanamkan sifat belas kasih sejak usia dini. Mereka belajar pentingnya beramal.

Amal bukan hanya berupa uang, namun bisa lebih sederhana, seperti berbagi makanan saat berbuka puasa dengan tetangga, bersedekah baju-baju bekas layak pakai, bahkan rajin tersenyum pun bentuk sedekah paling sederhana yang bisa dilakukan anak.

Membuat Kerajinan Tangan
Membuat kerajinan tangan juga amat disukai anak. Anda bisa mengajak anak membuat kaligrafi, membuat poster Ramadan, dan benda-benda bermanfaat lainnya. (republika.co.id/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.