5 Hal yang Bisa Picu Payudara Anda Terasa Nyeri

Avatar of PortalMadura.com
5 Hal yang Bisa Picu Payudara Anda Terasa Nyeri
ilustrasi

PortalMadura.Com – Memerhatikan kesehatan payudara penting dilakukan. Tidak heran, jika banyak wanita yang terobsesi dengan anggota tubuh yang satu ini. Mulai dari bentuknya yang terlalu kecil, terlalu besar, tidak simetris, hingga rasa nyeri yang sering tiba-tiba muncul.

Ketika rasa nyeri datang, maka akan muncul ketakutan bahwa apakah itu pertanda dari penyakit kanker payudara atau bukan. Ya, bila Anda merasakan nyeri payudara yang sama, jangan panik. Sebab menurut penelitian dari penulis buku berjudul “Breast Book“, Dr. Susan Love, dikatakan bahwa kurang dari 10% nyeri payudara disebabkan oleh kanker.

Lalu, faktor apa sajakah yang bisa membuat payudara terasa nyeri?. Berikut lima hal yang bisa jadi pemicu payudara Anda nyeri:

Menstruasi yang Akan Datang
Saat menstruasi akan datang, terjadi beberapa perubahan hormonal dalam tubuh wanita. Contohnya adalah perubahan kadar estrogen dan progesteron.

“Saat kedua hormon ini mengalami ketidakseimbangan, maka payudara akan bengkak dan muncul rasa sakit,” jelas ahli kesehatan payudara dari New York Presbyterian Hospital Weill Cornell Medical Center, Eleni Tousimis. Sehingga Anda pun tidak perlu khawatir sebab rasa nyeri ini akan hilang.

Anda Mengalami Gangguan Payudara Fibrocystic
Jika rasa nyeri ini disertai dengan munculnya beberapa gumpalan dan benjolan, kemungkinan Anda mengalami gangguan yang disebut dengan gangguan payudara fibrocystic atau kista payudara.

“Terkadang kista yang muncul bisa berisi cairan yang merupakan hasil dari ketidakseimbangan asam lemak di dalam sel payudara. Terjadinya peradangan karena aktivitas tersebut, bisa membuat payudara terasa nyeri” ungkapnya.

Diet yang Anda Jalani
Diet yang sedang Anda lakukan ternyata bisa berpengaruh pada kesehatan payudara. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Kanada, diet rendah lemak akan membuat kadar estrogen berkurang sehingga kemungkinan payudara bengkak dan nyeri juga sedikit. Dengan kata lain terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak jenuh semakin memperbesar risiko Anda untuk mengalami nyeri payudara.

Hal yang sama juga berlaku pada konsumsi kafein. Beberapa ahli kesehatan percaya bahwa konsumsi kafein berlebih akan membuat jaringan payudara membengkak dan menyebabkan munculnya rasa sakit.

Olahraga Berlebihan
Olahraga memang baik dilakukan untuk menambah kesehatan tubuh. Namun janganlah berlebih. Sebab, Anda bisa cedera hingga menyebabkan payudara terasa nyeri.

Olahraga yang dilakukan berlebih, terutama olahraga angkat beban akan membuat otot pectoralis yang terletak di bawah payudara jadi tertarik. Hasilnya, muncul rasa nyeri. Anda bisa mengobatinya dengan memakai warm pad atau konsumsi obat anti inflamasi.

Jika Anda merasa bahwa rasa sakit ini memburuk, kemungkinan Anda memiliki costochondritis atau peradangan di daerah antara tulang rusuk dan payudara. Bila Anda mengalami hal ini, maka segera konsultasikan dengan dokter.

Konsumsi Obat-obatan
Konsumsi obat-obatan ternyata juga bisa memicu munculnya rasa nyeri di payudara. Contohnya adalah mengonsumsi pil KB yang sensitif terhadap hormon estrogen dan membuat Anda mengalami sakit payudara.

Selain itu, obat asma seperti yang mengandung zat theophylline yang secara kimiawi mirip dengan kafein juga memberikan efek yang sama. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.