Bunda, Mau Anak Anda Cerdas? Rangsang Otaknya dengan Lagu-Lagu Ini

  • Bagikan
Bunda Mau Anak Anda Cerdas Rangsang Otaknya dengan Lagu Lagu Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Selain permainan, lagu juga merupakan salah satu media belajar anak yang sederhana dan mudah dipahami serta diikuti si kecil. Apalagi, bila lagu tersebut dijadikan pengiring gerakan motorik dasar untuk melatih anak usia dini, pasti bisa berpengaruh pada kecerdasannya.

Sebagaimana menurut seorang pelatih senam anak, Titis Sensussiana, menjelaskan, “Lagu berlirik hewan dan buah itu masuk kategori lagu bernuansa pendidikan karakter. Untuk iringan lagu gerak motorik dasar, kami pilih yang seperti itu. Misalnya, lagu yang bercerita soal monyet juga rambutan. Lagu bertema sayur-sayuran juga jadi pengiringnya,” ujarnya.

Selain itu, ketika mendengarkan lagu, lirik lagu yang ceria akan menarik minat anak usia dini untuk bergerak. Hal ini akan meningkatkan latihan motorik anak, membuat anak makin senang bergerak.

Bahkan, melatih motorik anak juga bisa dilakukan di sekolah. Ketika guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mengajarkan gerakan motorik dasar, seperti melompat, anak sekaligus belajar mengenal nama-nama hewan, buah, dan sayur. Anak usia dini bisa bergerak mengikuti irama lagu sambil bernyanyi.

Bukan hanya mengenal nama-nama hewan, buah dan sayur, bernyanyi bersama juga membantu dalam hal sosialisasi anak dengan anak-anak lain atau orang dewasa lain. “Anak kan harus bergerak. Jadi, saat latihan gerak motorik, ada gerakan seperti berdua-dua dengan teman atau saling bergandengan tangan. Gerakan ini bantu anak bersosialisasi. Mereka bisa makin akrab,” jelasnya.

Perlu diketahui, bahwa tidak perlu terlalu lama untuk melatih anak, cukup delapan menit saja, sudah mencakup lima lagu. Waktu yang pendek itu mencegah anak agar tidak cepat bosan.

“Latihan tiga kali saja, anak sudah bosan. Mereka tidak bisa dipacu seharian bergerak. Yang pasti gerakan motorik dasar ini cocok buat kelompok PAUD 3 sampai 6 tahun,” tutup Titis.

Untuk itu, jika punya waktu senggang di rumah bersama anak, bisa dimanfaatkan untuk melatih motorik anak dengan lagu-lagu ya, Bunda! (vemale.com/Salimah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.