5 Hal yang Boleh Dilakukan dengan Tergesa-gesa

Avatar of PortalMadura.Com
5 Hal yang Boleh Dilakukan dengan Tergesa-gesa
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pekerjaan yang dilakukan dengan terburu-buru biasanya akan mengakibatkan ketidakbaikan atau ketidaksempurnaan. Sehingga setiap melangkah tidak perlu tergesa-gesa agar sesuai rencana.

Bahkan pekerjaan yang dilakukan dengan terburu-buru identik dengan kelakuan syaitan. Namun ternyata, ada beberapa hal yang harus dilakukan dengan terburu-buru. Penasaran?

Berikut ulasannya:

Memberi Makan Tamu
Berhubungan dengan memberi makan tamu, sesungguhnya hal itu termasuk sunah Rasul. Sebagaimana anjurannya memuliakan tamu.

Hal ini diperkuat dengan hadits: “Sesungguhnya orang terbaik diantara kalian adalah orang yang memberi makan”

Logikanya apabila menghormati tamu merupakan anjuran Rasulullah, apalagi menghormati dengan memberi makan.

Mengurus Jenazah
Demikian pula dengan menyegerakan urusan jenazah, sesungguhnya hal itu merupakan sunah Rasulullah. Sebagaimana keterangan hadis Sahih.

Dari Abu Hurairah RA dari Rasulullah bersabda: “Bersegeralah di dalam (mengurus) jenazah. Jika ia orang shalih maka kebaikanlah yang kalian persembahkan kepadanya, tetapi jika ia tidak seperti itu maka keburukanlah yang kalian letakkan dari atas pundak-pundak kalian”.

Menikahkan Anak Perawan
Adapun urusan perawan, maka tidak ada hal yang lebih baik kecuali menikahkannya dengan segera. Apalagi dengan melihat kondisi sekarang ini.

Rasulullah sendiri pernah bersabda: “Barangsiapa yang menikahkan anak perempuannya maka, pada hari kiamat akan menghadap kepada Allah dengan (memakai) mahkota”

Urusan Piutang
Adapun urusan piutang dengan tegas Rasulullah pernah bersabda sebagaimana diriwayatkan Dari Abu Hurairah: “Sesungguhnya yang paling di antara kalian adalah yang paling baik dalam membayar hutang.”

Orang Berdosa Segera Memohon Ampun
Sesungguhnya orang yang berdosa hendaklah segera memohon ampun kepada Allah swt.
Sebagaimana doa Rasulullah saw yang diajarkan kepada umatnya: “Tuhan, Ampunilah aku dan terimalah taubatku sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Pengampun”

Jika Rasulullah saw yang sudah jelas dijamin sebagai manusia mashum tanpa dosa masih mementingkan taubat apalagi selaku umatnya yang berbelepotan dosa.

Inilah lima hal yang jika disegerakan dijamin tidak akan menimbulkan hal negatif. (islampos.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.