oleh

5 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Bisnis Online Tak Gulung Tikar

PortalMadura.Com – Memulai suatu bisnis memang tidak mudah, seseorang harus siap dengan segala sesuatunya. Tidak hanya siap berhasil, Anda juga wajib siap apabila usaha yang dibangun dengan susah payah ternyata kemudian menemui kerugian di tengah jalan.

Misalnya saja toko yang jualan secara online, ada banyak dari mereka yang gagal berkembang dan hanya eksis dalam waktu yang sebentar. Jadi, tidak asal atau sembarangan memulai bisnis. Ada beberapa hal yang harus Anda kuasai sebelum memulainya.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Dari menentukan target pasar hingga kualitas produk, berikut lima hal yang wajib Anda perhatikan agar jualan online-Anda tidak cepat gulung tikar sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (16/9/2021) dari laman Idntimes.com:

Pastikan Anda Punya Target Pasar yang Jelas

Bagaimana bisnis Anda bisa berkembang jika Anda saja tidak tahu target pasar dari produk jualan Anda? Ibarat melesatkan busur panah, Anda cuma bisa melesatkan saja tetapi tidak punya target yang jelas. Alhasil, busur Anda melesat tidak tentu arah bahkan bisa berujung lenyap.

Tidak harus menyasar semua usia dan kalangan, cukup pastikan produk jualan Anda mampu membuat beberapa kalangan merasa tertarik untuk membeli. Jika Anda memulai bisnis obat-obatan herbal berarti target pasar Anda para lansia. Salah target jika Anda menjualnya ke anak remaja yang jelas-jelas masih fit dan bugar. Nah, dari sini mulai paham ‘kan cara mengelola bisnis yang benar?.

Pelajari Ilmu Marketing Agar Usaha Anda Semakin Berkembang

Ilmu marketing itu penting sekali untuk mendongkrak statistik penjualan. Anda tidak bisa berjualan tanpa menguasainya terlebih dahulu. Penting untuk diingat bahwa untuk memulai jualan online itu tidak hanya perlu bikin toko di sosmed dan diam menunggu orderan datang, tapi juga harus ada usaha yang membuat produk yang Anda jual itu dikenal masyarakat.

Zaman sekarang, para penjual online juga bisa menggunakan iklan berbayar di media sosial untuk ladang promosi. Selain itu, para selebgram juga bisa diajak bekerja sama agar produk jualan semakin dikenal luas. Anda gak bisa memakai cara jualan lama dengan duduk menunggu pembeli sementara toko Anda belum dikenal pasar.

Jangan Langsung Mengambil Untung Besar

Kesalahan yang sering dilakukan seseorang saat memulai bisnis adalah mengambil untung yang besar. Anda memang berjualan untuk meraup keuntungan, tetapi bukan yang terkesan tidak rasional. Terlebih jika harga yang ditawarkan sangat jauh dengan kualitas produk yang ditawarkan.

Hal yang paling penting agar toko online Anda tidak berujung gulung tikar adalah menjaga konsistensi toko Anda secara keseluruhan. Anda tidak boleh memanfaatkan momen dan menaikkan harga produk setelah toko online Anda banjir pesanan.

Ingatlah, lebih baik untung Anda sedikit tetapi memiliki banyak pembeli setia daripada Anda menaikkan keuntungan tetapi pembeli Anda hilang satu persatu. Rugi dan untung bisa bertukar posisi secara mendadak.

Selalu Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Konsumen

Saat Anda melayani pembeli dengan ramah, tentu pembeli juga lebih nyaman dan betah. Nantinya, kalau esok hari membutuhkan produk serupa, mereka tidak berniat untuk berpindah toko meskipun harganya jauh lebih murah. Terlebih jika Anda membalas tiap pertanyaan konsumen dengan sabar dan sopan.

Saat membeli sesuatu Anda tentu lebih mengutamakan kepercayaan dan membeli di toko yang sudah Anda kenal baik, bukan?. Terlebih jika banyak ulasan baik tentang toko tersebut, pasti Anda tidak ragu untuk membeli produk di sana. Nah, kalau usaha Anda kemarin gulung tikar, coba Anda ingat lagi apakah cara Anda melayani pembeli kemarin sudah benar?

Pastikan Produk yang Anda Jual di Foto Sama dengan Aslinya

Banyak terjadi kasus penipuan barang secara online. Saat di foto katalog, produk yang ditawarkan tampak berkelas dan mewah. Namun, saat sampai ke tangan konsumen ternyata produknya jauh dari harapan. Bahkan, tidak jarang ada penjual yang memajang foto milik toko lain seolah-olah itu adalah foto yang dia ambil sendiri.

Nah, kalau ingin toko Anda tidak berakhir bangkrut dan disumpahin warganet, ada baiknya Anda jujur dalam berjualan. Usahakan mutu dari produk yang Anda pajang sama dengan produk aslinya. Jangan sesekali Anda bertindak curang untuk mendongkrak keuntungan. Ingatlah bahwa kepuasan dari pembeli itu nomor satu.

Jadi tambah ngerti kan cara jualan online yang benar?. Jangan asal lagi, biar usaha Anda tidak cepat gulung tikar. Yuk, segera praktikkan biar makin banjir orderan. Semangat memulai bisnis.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar