5 Hikmah Ibadah Haji yang Jarang Orang Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
5 Hikmah Ibadah Haji yang Jarang Orang Ketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Umat muslim tentu sudah tahu bahwa ibadah merupakan rukun Islam yang ke lima. Banyak orang yang berharap bisa
hadir di tempat suci itu untuk melaksanakan sunah-sunah Rasulullah dan meraih pahala dari ibadah tersebut.

Ibadah yang diperintahkah oleh Allah SWT ini selain bisa mendapatkan pahala, ternyata ada hikmah atau manfaat dalam melaksanakannya yang jarang orang ketahui. Sebelum mengetahui tentang macam-macam hikmah dari ibadah haji itu, alangkah baiknya Anda mengenal apa itu hikmah yang sebenarnya.

dan umroh bisa diartikan sebagai dampak atau pengaruh apa yang didapatkan oleh seseorang setelah melakukan ibadah haji. Apakah setelah pulang dari perjalanannya melakukan ibadah haji ada perubahan atau tidak?. Tentunya perubahan yang terjadi adalah perubahan yang bersifat kepada kebaikan bukan sebaliknya.

Selain itu, hikmah itu bisa berupa manfaat yang diperoleh dari ibadah haji tersebut. Lantas, apa saja manfaatnya?. Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadis Rasulullah SAW,

Inilah lima hikmah atau manfaat yang terkandung dalam ibadah haji dan umrah:

Ibadah Haji Merupakan Salah Satu Amalan yang Paling Baik
Hal ini dijelaskan dalam hadis. “Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW ditanya, “Amal apakah yang paling utama?” Maka beliau menjawab, “Iman kepada Allah dan Rasul-Nya.” Ditanyakan lagi, “Kemudian apa?”. Beliau menjawab, “Jihad di jalan Allah.” Ditanyakan lagi, “Kemudian apa?”. Beliau menjawab, “haji yang mabrur”, (Bukhari, Book 2, Hadis 25) (Muslim, Tirmidzi, Nasai, Ibnu Majah).

Dalam hadis tersebut, Rasulullah menjelaskan bahwa haji adalah salah satu amalan yang paling baik. Karena ibadah haji dan umrah merupakan salah satu ibadah yang di wajibkan dan diperintahkan oleh Allah SWT.

Bisa Menghapus Dosa-dosa yang Pernah Dilakukan
Hal ini dijelaskan dalam hadis. “Bukankah kamu mengetahui wahai ‘Amru, bahwa (agama) Islam itu menghapus (dosa-dosa) di masa lalu?. Dan bukankah hijrah itu (juga) menghapuskan (dosa-dosa) di masa lalu?. Dan bukankah haji itu (juga) menghapuskan (dosa-dosa) di masa lalu?”, (HR Imam Muslim no. 321).

Begitu juga dengan ibadah umrah, apabila Anda melaksanakan ibadah umrah maka dosa-dosa yang telah Anda perbuat akan diampuni oleh Allah SWT. Sebagaimana dalam hadis.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, “Sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Umrah satu ke umrah lainnya adalah penebus dosa antara keduanya, dan haji yang mabrur tidak ada pahala baginya selain surga”, (HR. Bukhari dan Muslim).

Bahkan dalam hadis lain disebutkan, bahwa ibadah haji dan umroh bisa menghilangkan kefakiran (kemiskinan), dan mengahapus dosa-dosa yang telah lalu. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

Ikutilah antara haji dan umrah (yakni lakukanlah amalan haji, kemudian dilanjutkan dengan menunaikan umrah), karena keduanya itu akan menghilangkan kefakiran/kemiskinan dan (menghapus) dosa-dosa, sebagaimana bara api (menghilangkan) kotoran besi, emas dan perak. Dan tidak ada balasan/pahala bagi haji yang mabrur kecuali jannah (surga)”, (HR Imam At-Tirmidzi no. 810, Ibnu Khuzaimah dalam As-Shohih no. 2512, dan An-Nasa'i no. 2631).

Pahala Ibadah Haji dan Umrah Adalah Surga
Sebagaimana sabda Rasulullah, “Dan haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga”, (HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349).

Ibarat Bayi yang Baru Lahir
Pahala bagi mereka yang tuntas menjalankan ibadah haji dan umrah, dengan menjalankan amalan-amalan sebagaimana yang diperintahkan dan ditetapkan oleh syariat agama Islam dan sesuai dengan ajaran Rasulullah, maka sepulangnya dari perjalanan ibadah haji dan umrah, ia terbebas dari segala dosa sebagaimana bayi yang baru dilahirkan oleh ibunya. Rasulullah bersada,

Siapa yang berhaji ke Kabah lalu tidak berkata-kata seronok dan tidak berbuat kefasikan maka dia pulang ke negerinya sebagaimana ketika dilahirkan oleh ibunya”, (HR. Bukhari no. 1521).

Menjawab Panggilan dan Menjadi Tamu Allah
Apabila Anda melaksanakan ibadah haji dan umrah, itu artinya Anda telah menjawab panggilan Allah SWT dan menjadi tamunya Allah, sebagaimana yang telah dijelaskan dalam hadis berikut ini, Rasulullah SAW bersabda:

Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang berhaji serta berumrah adalah tamu-tamu Allah. Allah memanggil mereka, mereka pun memenuhi panggilan. Oleh karena itu, jika mereka meminta kepada Allah pasti akan Allah beri” (HR. Ibnu Majah no 2893. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadis ini hasan).

Demikian lima hikmah dari melaksanakan ibadah haji atau umrah menurut ajaran agama Islam. Semoga bermanfaat. Wallahu A'lam.(islampos.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.