5 Jenis Hidayah yang Perlu Umat Islam Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
5 Jenis Hidayah yang Perlu Umat Islam Ketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kata berasal dari bahasa Arab atau bahasa Al-Qur'an yang telah menjadi bahasa Indonesia. Akar katanya ialah : hadaa, yahdii, hadyan, hudan, hidyatan, hidaayatan. Khusus yang terakhir, kata hidaayatan kalau wakaf (berhenti) di baca : Hidayah, nyaris seperti ucapan bahasa Indonesia.

Hidayah secara bahasa berarti petunjuk. Lawan katanya adalah : “Dholalah” yang berarti “kesesatan”. Secara istilah (terminologi), Hidayah ialah penjelasan dan petunjuk jalan yang akan menyampaikan kepada tujuan sehingga meraih kemenangan di sisi Allah.

Sehingga bisa dikatakan hidayah merupakan sesuatu yang sangat berharga. Banyak orang yang mengejarnya, tapi hanya sedikit yang bisa mendapatkannya. Hidayah dibagi menjadi lima macam. Apa saja?

Berikut ini ulasannya:

Hidayah Ilhami
Hidayah ini merupakan fitrah yang Allah SWT berikan kepada semua makhluk ciptan-Nya. Contohnya, Allah SWT memberikan hidayah ilhami kepada lebah yang suka hinggap di bunga untuk mengambil saripatinya, dapat membangun sarang yang menurut para ahli merupakan desain yang paling sempurna berdasarkan fungsinya.

Seorang bayi yang lapar diberi hidayah ilhami oleh Allah SWT untuk menangis dan merengek-rengek pada ibunya agar diberi ASI. Siapakah yang mengajari lebah dan bayi tadi untuk melakukan hal tersebut? Tentunya Anda yang beriman kepada Allah SWT akan menjawab: itulah kekuasaan Allah SWT yang telah memberikan hidayah ilhami kepada makhluk-Nya. Semua makhluk yang diciptakan Allah SWT akan menerima hidayah ini. Dalam bahasa kita, hidayah ilhami ini menjadi insting, yang merupakan tingkat inteligensi paling rendah.

Hidayah Hawasi
Hidayah hawasi merupakan hidayah yang membuat makhluk Allah SWT mampu merespon suatu peristiwa dengan respon yang sesuai. Contohnya yaitu ketika manusia mendapatkan kebahagiaan maka ia akan senang dan jika mendapatkan musibah maka ia akan sedih. Dalam istilah Anda, hidayah hawasi ini merupakan kemampuan inderawi.

Hidayah hawasi sangat dipengaruhi oleh lingkungan. Maka respon yang ditimbulkan dari sebuah peristiwa sangat tergantung dengan lingkungan Anda. Jika lingkungan itu normal maka respon Anda akan normal.

Misalnya, orang yang mendapatkan musibah akan sedih karena lingkungannya mengajarkan untuk merespon peristiwa tersebut dengan bersedih. Di lain tempat dan waktu mungkin saja respon ini berubah karena lingkungannya merespon dengan hal yang berbeda. Maka untuk mendapatkan hidayah hawasi ini Anda harus membuat atau mengondisikan agar lingkungan Anda normal alamiah.

Hiclayah Aqli (Akal)
Hidayah akal merupakan hidayah yang diberikan khusus pada manusia yang membuatnya bisa berfikir untuk menemukan ilmu dan sekaligus merespon peristiwa dalam kehidupannya dengan respon yang bermanfaat bagi dirinya. Hidayah akal akan bisa Anda miliki manakala Anda selalu mengambil pelajaran dari segala sesuatu, segala peristiwa, dan seluruh pengalaman hidup Anda ataupun orang lain.

Allah SWT berfirman: “Dia-lah yang mengeluarkan orang-orang kafir di antara ahli Kitab dari kampung-kampung mereka pada saat pengusiran yang pertama. kamu tidak menyangka, bahwa mereka akan keluar dan merekapun yakin, bahwa benteng-benteng mereka dapat mempertahankan mereka dari (siksa) Allah; Maka Allah mendatangkan bagi mereka (hukuman) dari arah yang tidak mereka sangka-sangka. Allah melemparkan ketakutan dalam hati mereka; mereka memusnahkan rumah-rumah mereka dengan tangan mereka sendiri dan tangan orang-orang mukmin. Maka ambillah (kejadian itu) sebagai pelajaran, wahai orang-orang yang mempunyai wawasan'. (QS. Al-Hasyr [591: 2).

Yang dimaksud dengan ahli Kitab dalam ayat ini yaitu orang-orang Yahudi Bani Nadhir pada masa Nabi Muhammad SAW di Madinah. Merekalah yang mula-mula dikumpulkan untuk diusir keluar dari Madinah karena mereka mengingkari Piagam Madinah.

Ayat ini memerintahkan Anda untuk senantiasa mengambil hikmah dan ibroh dari segala kejadian dalam kehidupan ini, dengan harapan Anda tidak terjebak pada permasalahan yang sama. Hidayah akal ini akan bekerja dengan ilmu yang diperoleh, dari proses pembelajaran kehidupan yang telah dilakukan, yang kemudian digunakan untuk memilih respon yang terbaik bagi diri di masa mendatang. Semakin banyak Anda mengambil pelajaran maka semakin tinggi kualitas hidayah akal Anda.

Namun, hidayah akal ini mempunyai keterbatasan dalam menyeragamkan respon terhadap sebuah kejadian untuk seluruh manusia. Ada pepatah “lain ladang, lain pula belalangnya. Lain kepala, lain pula isinya.” Mungkin respon tertentu baik menurut Anda, akan tetapi belum tentu baik menurut orang lain. Maka diperlukan sebuah standar untuk menyeragamkan mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang hak dan mana yang batil. Jawaban untuk hal ini ada pada tingkatan hidayah selanjutnya.

Hidayan Dien (Agama)
Hidayah agama merupakan sebuah panduan ilahiyah yang membuat manusia mampu membedakan antara yang hak dan yang batil, antara yang baik dan yang buruk. Hidayah agama ini merupakan Standard Operating Procedure (SOP) untuk menjalani kehidupan. Tentunya yang membuatnya yang Maha segala-galanya, yang menciptakan manusia itu sendiri. yaitu Allah SWT. Karena yang Allah SWT tentukan, pastilah itu yang terbaik.

Allah SWT bedirman : Boleh jack kamu membenci sesuatu, prilahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia tidak baik bagimu ABah mengetahui, sedang kamu lidak Mengetahui.” (QS. Al-Bagarah : 216).

Maka apa saja yang ditentukan oleh agama, pastiah itu yang terbak untuk Anda. Hidayah agama ini bisa Anda peroleh manakala Anda selalu belajar dan memperdalam agama Islam ini.

Seperti Allah SWT tegaskan dalam Al Our'an: “Tidak wajar bagi seseorang manusia yang Allah berikan kepadanya al Kitab, hikmah dan Itenabon. lalu dia berkata kepada manusia: ‘Hendaktah kamu menjadi penyembah-penyembahku bukan penyembah Allah.” Akan tetapi (Dia berkata): “Hendaklah kamu menjadi orang-orang Rabbani, karena kamu selalu mengajarkan al Kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajannya.” (OS. Ali Imran : 79)

Sernua orang mampu mempelajari agama ini (Al Ouran dan As Sunnan), akan tetapi tidak semua orang berkemauan untuk mengamalkan agama ini. Kemauan untuk mengamalkan agama akan berbanding lurus dengan sejauh mana Anda bisa manggapai hidayah taufiq.

Hidayah Taufiq
Hidayah taufiq merupakan hidayah yang membuat manusia hanya akan menjadikan agama sebagai panduan hidup dalam menjalani kehidupannya Hidayah taufiq ibarat benih yang Allah SWT semaikan di hati yang tidak hanya bersih dari segala penyakit, tetapi juga subur dengan tetesan robbani. Bersih dan suburya hati akan terlihat dari pohon-pohon kebaikan dan amal yang tumbuh di atasnya. Hanya kesungguhan yang akan membuat Anda pantas menerima hidayah taufiq dari Allah SWT.

Firman Allah SVVT : “Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) kami, benar- benar akan kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. Sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Ankabuut : 69).

Maka tidak ada jalan lain agar Anda mendapatkan Hidayah Taufiq Allah SWT, kecuali dengan jalan bersungguh-sungguh untuk menjalankan dan mengamalkan agama yang indah ini.

Oleh karena itulah perlu perjuangan untuk mendapatkan hidayah Allah SWT hingga sampai kepada taufiq-Nya.

Hidayah Allah SWT ibarat sinar matahari yang menyinari seluruh alam ini, dan Anda merupakan penerima sinar tersebut. Jika Anda membuka diri dengan hati yang bersih, maka Anda akan mudah untuk mendapatkan sinar hidayah Allah SWT. Tapi jika Anda menutupi hati dan diri Anda dengan kotoran dan hama penyakit hati maka Anda akan sulit untuk mendapatkan sinar hidayah-Nya. (islampos.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.