5 Jenis Olahraga Ini Cocok untuk Anda yang Bertubuh Gemuk

Penulis: Muhamad ZakariyaEditor: Hartono
Olahraga yang Baik Untuk Orang Gemuk
Olahraga yang Baik Untuk Orang Gemuk

PortalMadura.Com – Olahraga merupakan suatu kebutuhan bagi tubuh, karena aktivitas ini menjadi salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan. Namun bagaimana bagi orang yang bertubuh gemuk?.

Bagi mereka pasti akan sangat sulit untuk melakukan olahraga, jangankan untuk hal ini, jalan biasa pun mereka merasa kesulitan dengan keadaan seperti itu.

Apalagi orang yang memiliki kelebihan berat badan, atau yang biasa disebut dengan obesitas tentu sangat rentan terkena penyakit.

Penyakit yang biasanya diderita oleh orang bertubuh gemuk ini bisa stroke, jantung, kolestrol, dan masih banyak lagi lainnya. Nah, untuk meminimalisir kemungkinan orang bertubuh gemuk dari penyakit-penyakit tersebut, tentunya selain menjaga asupan makanan harus juga rajin berolah raga.

5 Olahraga Untuk Anda yang Berbadan Gemuk

Berikut lima jenis olahraga yang cocok buat Anda yang berbadan gemuk:

1. Jalan Pagi

Olahraga ini sudah terbukti dapat menyehatkan badan sekaligus dapat membakar kalori yang ada di tubuh Anda. Selain itu, juga termasuk olahraga yang murah meriah, karena hanya bermodalkan kaos, celana olahraga dan sepatu.

Jalan pagi pun sangat cocok untuk Anda yang bertubuh gemuk. Namun tetap hati-hati dan santai.

2. Berenang

Berenang sangat direkomendasikan buat Anda yang bertubuh gemuk, olahraga ini memiliki risiko cedera yang lebih kecil. Karena, berenang tidak memberikan tekanan yang berlebih terhadap persendian pada tubuh, sehingga tulang dan sendi tidak dibebankan oleh bobot tubuh Anda.

Bahkan dengan berenang, pernapasan Anda akan menjadi lancar, jantung menjadi sehat, dapat membentuk otot-otot tubuh, dapat mencegah stress, dan dapat pula membakar kalori Anda.

3. Sepeda Statis

Berolahraga menggunakan sepeda statis, kalori yang ada di dalam tubuh akan terbakar dengan mudah. Untuk menjalaninya bisa dibilang cukup mudah.

Anda tidak perlu berlari-lari keliling komplek, cukup dengan membeli sepeda jenis ini dan menaruhnya di ruangan yang Anda inginkan. Maka Anda pun bisa berolahraga sesuai dengan kenyamanan Anda.

4. Angkat Beban

Untuk olahraga yang satu ini, Anda dapat melakukanya di Gym dengan arahan dari pelatih profesional untuk hasil yang maksimal. Tubuh Anda akan menjadi kencang bila menjalani olahraga yang satu ini dengan serius, rutin , dan teratur.

Manfaat lain dari angkat beban ini adalah dapat memadatkan tulang Anda, membakar lemak, dan menigkatkan metabolisme tubuh. Tentunya olahraga ini juga bisa dilakukan oleh Anda yang bertubuh gemuk.

5. Olahraga Ringan

Dari keempat olahraga di atas, olahraga ringan yang satu ini juga dapat menjadi alternatif bagi Anda yang menginginkan berat badan berkurang dan mendapatkan tubuh yang langsing.

Dimulai dari sit up, lompat tali, push up, squat, dan burpess. Selain murah, olahraga ini juga sangat mudah dilakukan dan bisa menyingkirkan rasa malas.

Namun untuk Anda yang bertubuh gemuk, sebaiknya lebih hati-hati dan tidak boleh diforsir. Karena, kemungkinan akan terjadi cedera jika terlalu dipaksakan dengan berat badan yang Anda miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.