5 Kebaikan Konsumsi Kurma saat Buka Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Avatar of PortalMadura.com
5 Kebaikan Konsumsi Kurma saat Buka Puasa Bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kurma adalah buah yang berasal dari Timur Tengah yang punya banyak manfaat untuk . Umat muslim juga disarankan untuk berbuka dengan kurma dan air putih. Kurma juga menjadi salah satu buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi terlebih dahulu saat buka puasa di bulan Ramadan.

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), kurma merupakan buah manis yang secara alamiah dikenal dengan nama Phoenix dactylifera. Ukurannya memang kecil, tapi buah ini diketahui menyimpan kandungan energi, serat, vitamin, dan mineral yang dipastikan baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini, ada 5 kebaikan yang dapat diperoleh dari mengonsumsi buah kurma saat berbuka.

Sumber Energi yang Baik
Kurma membantu seseorang mendapatkan kembali energi tubuhnya. Terlebih setelah belasan jam tubuh dalam keadaan kosong, tanpa diisi makanan apa pun.

Hal ini karena kurma mengandung nutrisi dan gula alami, yang membangkitkan rasa lesu menjadi semangat. Cocok dikonsumsi saat sahur atau berbuka puasa dengan air, jika merasa lelah.

Meningkatkan Kesehatan Otak
Musthafa Mohamed Essa mengungkapkan, bahwa buah kurma yang asli, bukan manisan kurma, melindungi otak dari stres oksidatif dan inflamasi atau peradangan.

Buah kurma adalah sumber serat makanan yang baik dan kaya akan fenolat total dan antioksidan alami seperti anthocyanin, asam ferulic, asam protocatechuic, dan asam caffeic. Hal ini dapat mencegah penyakit Alzheimer dan demensia.

Meredakan Sembelit
Studi 2005 dari Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa serat dari kurma juga dapat membantu memperlancar pencernaan dan meredakan sembelit.

Baca Juga : Umat Muslim, Awali Berbuka Puasa dengan Keberkahan Kurma

Mencegah Penyakit Jantung
Mengonsumsi kurma yang kaya akan kalium, efektif dapat mengurangi kadar trigliserida dan mengurangi stres oksidatif. Kedua hal ini merupakan faktor risiko dari penyakit jantung serta stroke.

Mengobati Diare
Kurma dapat membantu mengisi elektrolit yang hilang dari tubuh karena diare kronis. Berkat kandungan kalium dan serat kurma yang tinggi, konsumsi kurma juga melancarkan pencernaan dan meringankan diare.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.