oleh

Umat Muslim, Awali Berbuka Puasa dengan Keberkahan Kurma

PortalMadura.Com – Berbuka puasa dengan kurma merupakan sunah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Kurma sendiri merupakan makanan yang banyak sekali kandungan manfaatnya, baik jika dilihat dari sisi medis maupun dari pandangan Islam sendiri.

Membatalkan puasa dan menyegarkan diri sebelum melaksanakan salat maghrib merupakan sunah yang baik untuk dilakukan. Hal tersebut sesuai dengan Hadis qudsi riwayat Imam Tirmizi, dari Abu Hurairah:

“Dari Nabi Saw, beliau bersabda, Allah berfirman, ‘Hamba yang paling dicintai di sisi-Ku adalah yang menyegerakan waktu berbuka puasa.’”

Ketika berbuka puasa, dianjurkan pula untuk mengawalinya dengan kurma. Jika tidak ada kurma, dianjurkan dengan air. Hal ini sesuai dengan kebiasaan Nabi Saw. ketika berbuka puasa.

Beliau biasa mendahului berbuka puasa dengan kurma basah, kemudian dengan air apabila tidak ada kurma. Dalam hadis riwayat Abu Daud dari Anas bin Malik, dia berkata:

“Rasulullah biasanya berbuka dengan ruthab (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada ruthab (kurma basah), maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian, beliau berbuka dengan seteguk air.”

Disebutkan juga dalam hadis riwayat Imam Ahmad dan Tirmizi dari Salman bin Amir, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

“Jika salah seorang di antara kalian berbuka, maka berbukalah dengan tamr (kurma kering). Jika tidak ada kurma kering, maka berbukalah dengan air karena air itu mensucikan.”

Dari kedua hadis di atas, jika ada dianjurkan berbuka puasa dengan kurma. Jika kurma tidak ada, maka lebih utama berbuka dengan air.

Berbuka puasa hendaknya dilakukan sebelum salat Magrib agar ketika salat Magrib lebih tenang dan khusyuk, terlebih lagi apalagi makanan sudah dihidangkan.

Disebutkan dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim, dari Anas bin Malik, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

“Jika makanan malam telah dihidangkan, maka makanlah dulu sebelum salat Magrib dan jangan makan malam kalian di belakangkan.”

Itulah penjelasan tentang berkahnya saat kita berbuka puasa dengan kurma. Semoga bermanfaat, Wallahu a’lam.

Rewriter : Agnes Hafilda Kusuma
Sumber : bincangsyariah.com

Komentar