5 Kebaikan Vitamin B5 untuk Kulit yang Jarang Diketahui

Avatar of PortalMadura.com
5 Kebaikan Vitamin B5 untuk Kulit yang Jarang Diketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Vitamin merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi tubuh. Vitamin ini bisa di dapat dari konsumsi sayuran, buah, ataupun makanan jenis tertentu. Tak hanya bermanfaat untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh, vitamin ternyata juga bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit.

Salah satu vitamin yang miliki peran penting untuk tubuh yakni vitamin B. Namun, di antara anggota keluarga vitamin B kompleks (pantothenic acid), lah yang punya banyak peranan penting untuk kulit. Bahkan, hingga kini sudah banyak produk skin care yang menggunakan vitamin B5 sebagai salah satu bahan utamanya. Berikut manfaat luar biasa vitamin B5 untuk kulit.

Menghidrasi Kulit
yang pertama adalah menjaganya agar senantiasa terhidrasi. Paparan sinar matahari, terlalu lama berada di dalam ruangan ber-AC, serta gaya hidup yang kurang sehat adalah sebagian kecil dari penyebab kering dan dehidrasinya kulit.

Untuk membantunya agar tidak kering dengan menciptakan lapisan pelindung guna mengunci kadar air pada kulit, Anda bisa mengandalkan vitamin B5. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak lebih lembut dan meningkat elastisitasnya. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menggunakan produk skin care seperti sunscreen yang dilengkapi dengan kandungan vitamin B5 untuk mencegah supaya kulit tidak kering dan kasar, seperti pelembap dan juga face mist.

Mencegah Tanda Penuaan Dini
Dikarenakan mampu meningkatkan produksi kolagen serta dapat meregenerasi sel kulit wajah dengan baik, maka jangan heran jika vitamin B5 dapat dikamulkan untuk mengenyalkan tekstur kulit. Selain itu, jenis kandungan ini juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit dengan mengunci kadar air dalamnya, sehingga keremajaan kulit pun senantiasa terpelihara.

Menariknya lagi, vitamin B5 juga mampu meningkatkan produksi glutathione yang bekerja sebagai anti-oksidan guna melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan dan garis-garis halus yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, polusi, serta kulit yang stres.

Menenangkan Kulit Iritasi
Salah satu manfaat penting dari vitamin B5 adalah kemampuannya untuk menenangkan serta meredakan kulit yang iritasi dan mengalami luka. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa vitamin B5 atau pantothenic acidsecara efektif bekerja sebagai anti inflamasi untuk dapat mengurangi iritasi dan berbagai masalah kulit lainnya.

Vitamin B5 juga berperan penting untuk membantu penyembuhan luka dengan cara meningkatkan kemampuan sel kulit yang berperan dalam membentuk jaringan baru setelah terjadinya luka. Pada saat kulit mengalami luka atau iritasi, pantothenic acid bekerja untuk meningkatkan pembentukan keratinocytes yang penting untuk menjaga fungsi kulit sebagai pelindung tubuh.

Mencegah Minyak Berlebih Penyebab Jerawat
Kulit berminyak bukan hanya akan membuat wajah tampak kusam, tetapi juga bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat karena adanya kelebihan sebum, kotoran, serta bakteri yang menyumbat pori-pori. Vitamin B5 mampu mengurangi produksi sebum dan minyak berlebih secara efektif karena dapat meningkatkan produksi squaleneyang dapat memperkuat jaringan folikel. Sehingga, produksi minyak berlebih pun dapat ditekan.

Selain itu, pantothenic acid juga dapat bekerja sebagai antibakteri yang dapat mencegah minyak, kotoran, dan debu pada wajah yang dapat memicu terjadinya jerawat.

Menjadikan Tampilan Wajah Lebih Glowing
Kulit wajah yang tampak sehat dan bercahaya adalah dambaan setiap wanita. Kulit wajah yang glowing dan bercahaya biasanya memiliki ciri di antaranya, bebas kusam, teksturnya kenyal, serta permukaan kulitnya terasa halus dan lembap.

Vitamin B5 dapat bekerja secara efektif untuk menjadikan kulit tetap terhidrasi, terjaga kelembapanya, bebas dari iritasi dan jerawat, serta membantu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan munculnya garis-garis penuaan dini. Oleh karenanya, vitamin B5 menjadi salah satu ingredient penting yang harus ada di dalam produk skin care jika ingin mendapatkan kulit wajah yang glowing dan tampak sehat.

Itulah beberapa kebaikan vitamin B5 untuk kecantikan kulit. Semoga Bermanfaat. (vemale.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.