oleh

5 Kebiasaan ini Akan Berdampak Buruk Pada Kesehatan Mental Anda

PortalMadura.Com – Sadarkah Anda bahwa keadaan mental seseorang sangat berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari. Karena itulah kesehatan mental harus selalu dirawat dan dijaga. Seseorang dengan kondisi mental yang tidak baik akan mudah terserang penyakit dan akan selalu di hantui oleh rasa gelisah. yang ujung-ujungnya akan berdampak pada depresi, stres, bahkan gila.

Banyak cara yang bisa dilakukan agar kondisi mental tetap bisa terjaga, namun banyak pula kebiasaan sederhana yang tanpa kita sadari justru menjadi pemicu rusaknya perkembangan dan kesehatan mental. Dilansir dari Fimela.Com, Minggu (11/4/2021) Inilah beberapa kebiasaan yang dapat merusak kesehatan mental:

Perfeksionis

Jika Perfeksionis yang dimaksud mengarah pada hal yang positif, maka itu sah-sah saja. Perfeksionis positif ini seperti melakukan yang terbaik, termasuk menetapkan tujuan yang realistis, melepaskan kegagalan dan melihat kesalahan sebagai peluang untuk tumbuh. Sedangkan Perfeksionis negatif adalah termasuk menetapkan standar di luar jangkauanmu, ketidakpuasan dengan apa pun yang dikerjakan, keasyikan dengan kegagalan dan melihat kesalahan sebagai bukti ketidaklayakan.

Rasa Bersalah

Rasa bersalah sering kali menimpa orang-orang yang pernah melakukan kesalahan namun tidak mampu berdamai dengan dirinya sendiri. Kebiasaan yang seperti ini biasanya dimulai dari kebiasaan saat masik kanak-kanak dan menjadi sulit dirubah saat sudah dewasa. Kebiasaan bersalah tidak akan menyelesaikan masalah, justru akan memperbesar masalah, mengklaim bertanggung jawab untuk menciptakan atau menyelesaikan masalah yang sedikit atau tidak ada hubungannya denganmu, menganggap dirimu sebagai orang yang paling jahat karena melakukan pelanggaran kecil, dan menolak untuk memaafkan diri, inilah hal yang dapat memperburuk kesehatan mentalmu.

Kurang Olahraga

Selain dapat menyehatkan tubuh, ternyata olahraga juga bisa menjadi terapi kesehatan mental. Olahraga teratur dapat meredakan depresi dengan melepaskan endorfin dan bahan kimia “perasaan baik” lainnya, menekan bahan kimia sistem kekebalan yang memperburuk depresi, dan meningkatkan suhu tubuh untuk menciptakan efek menenangkan. Selain itu, olahraga yang teratur juga akan meningkatkan rasa percaya diri seseorang dan menghilangkan rasa kekhawatiran.

Menggunakan Media Sosial secara Berlebihan

Sebuah penelitian mengungkapkan, penggunaan media sosial yang berlebihan dapat meningkatkan kecemasan dan menurunkan harga diri remaja. Hal ini bisa terjadi karena saat terlalu candu dengan sosial media seseorang akan lebih mudah merasa cemburu terhadap pengguna sosial media yang lain dan selalu menarger dirinya untuk tampil yang terbaik. Hal yang seperti ini akan sangat memengaruhi perkembangan mental seseorang.

Bagaimana, apa kebiasaan di atas termasuk pada kebiasaanmu sehari-hari? semoga saja tidak. Jangan sampai kita terjebak dengan kebiasaan yang kita anggap biasa-biasa saja namun nyatanya berdampak buruk untuk kehidupan kita.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : Fimela.com

Komentar