5 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Merusak Wajah

Avatar of PortalMadura.Com
5 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Merusak Wajah
ilustrasi

PortalMadura.Com – Wajah memang anggota tubuh yang paling sensitif diantara yang lain. Salah perawatan bisa merusah wajah cantik kita, serem ya. Namun ternyata tidak hanya salah perawatan saja yang dapat merusk wajah, tetapi juga beberapa kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan dapat merusak wajah lho.

Sonia Batra, M.D., dermatolog di The Doctor and Fransesca Fusco, M.D dan profesor sekolah medis di Mount Sinai menjelaskan beberapa . Apa sajakah itu? Berikut Penjelasannya.

1. Terlalu banyak pakai tabir surya di bagian pipi

Kita seringkali melewatkan 10 persen bagian dari wajah kita ketika mengaplikasikan tabir surya. Dengan kata lain, kita hanya fokus pada bagian pipi saja.

Agar tabir surya menutup wajah secara sempurna, gunakanlah SPF 30 kurang lebih seukuran koin, pastikan menutupi bagian-bagian yang paling rentan terhadap kanker kulit. Seperti kulit di sekitar mata (lewatkan bagian kelopak), batang hidung, garis rambut, samping, dan telinga.

Jika membutuhkan perlindungan segera, pilihlah formula berbasis mineral yang terdiri dari zinc dan titanium oxide. Tabir surya butuh waktu sekitar 20 menit untuk meresap ke kulit.

2. Terlalu sering menggunakan masker

Menggunakan masker wajah memang terkadang bisa merelaksasi dan terasa segar. Namun, jangan lakukannya setiap malam. Formula seperti alpha hydroxy acids, glycolic acid, and salicylic acid bisa membuat kulit kering dan iritasi jika digunakan terlalu sering.

Efek lain, bisa juga menyumbat pori-pori jika ditambah dengan produksi minyak wajah.

Gunakanlah masker wajah cukup satu atau dua kali setiap minggu dan setelahnya, aplikasikanlah lotion yang mengandung hyaluronic acid untuk merehidrasi kulit.

3. Terlalu banyak konsumsi kafein

Kafein jika dikonsumsi terlalu banyak bisa membuat lapisan kulit dehidrasi, hal tersebut juga dapat memicu garis-garis halus dan membuat wajah tampak lelah. Konsumsilah kopi cukup 300 miligram per harinya.

4. Tidur di satu sisi

Tidur pada satu sisi saja bisa memicu timbulnya lipatan dan kerutan wajah. Sementara bakteri dan minyak yang menempel ke bantal akan menimbulkan breakout atau komedo.

5. Merapikan alis dengan teliti

Merapikan alis jika tak dilakukan dengan baik bisa memicu jerawat atau peradangan kulit. Pastikan melakukan waxing atau pencabutan alis dari akarnya.

Nah, itulah kesalahan-kesalahan yang tanpa kita sadari dapat merusak wajah. Semoga Bermanfaat. (kompas.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.