Muslimah Wajib Tahu, Kekeliruan saat Haid dalam Islam

Avatar of PortalMadura.Com
Muslimah Wajib Tahu, Kekeliruan saat Haid dalam Islam
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Muslimah, saat selesai masa haid, pernahkah kalian ragu untuk melakukan thaharah ? Thaharah merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum melakukan ibadah. Meski sebagian besar wanita muslimah tahu tentang thaharah, namun pada kenyataanya mereka masih banyak yang keliru dalam praktiknya.

Secara umum thaharah dapat diartikan sebagai bersuci, bersih dari hadas. Para ulama telah memberikan berbagai definisi tentang thaharah di dalam berbagai kitab fikih yang tersebar di dunia islam.

Di dalam kitab Al-Manhaji, Musthafa Al-Khin dan kawan-kawan, menyebutkan bahwa thaharah menurut syara’ adalah: “Melakukan sesuatu agar diizinkan shalat atau hal-hal lain yang sehukum dengannya, seperti wudhu bagi orang yang tidak punya wudhu, mandi bagi orang yang wajib mandi, dan menghilangkan najis dari pakaian, tubuh dan tempat salat.”

Berbicara tentang thaharah berarti tentang semua hal yang berkaitan tentang thaharah, bersuci, termasuk thaharah dalam haidh bagi seorang wanita.

Dalam literatur fikih terdapat penjelasan bahwa jika cairan yang keluar setelah mandi, biasanya keluar lagi yang warnanya tidak terlepas dari satu diantara tiga warna: Berwarna kehitam-hitaman, maka ia dianggap bagian dari haid dan dihukumi sebagaimana hukum haid. tetapi, manakala cairan yang keluar itu berwarna kecoklat-coklatan atau kekuning-kuningan, maka ia dianggap bukan bagian dari haid dan tidak dihukumi sebagaimana hukum haid.

Berdasarkan hadits ummu Athiyah Radiyallahu Anha, “Kami tidak menganggap warna kecoklatan dan kekuning-kuningan sesuatu (bagian dari haid),” (HR. Al-Bukhari).

Dari hadis tersebut dapat diartikan bahwa, ketika wanita Muslimah tersebut hendak melaksanakan salat, cukuplah baginya membersihkan farjnya lalu berwudhu. Dan, masih banyak lagi kesalahan-kesalahan fikih yang terjadi pada wanita.

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. (islampos.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.