5 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Bikin Anda Cepat Keriput

Avatar of PortalMadura.com
5 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Bikin Anda Cepat Keriput
Ilustrasi (grid.id)

PortalMadura.Com – Seiring bertambahnya usia, di wajah akan mulai muncul dan ini tidak bisa dihindari kecuali memang melakukan perawatan khusus untuk mengurangi keriputan tersebut.

Umumnya orang mengetahui bahwa keriput dipicu oleh radikal bebas. Tapi ternyata, kebiasaan sehari-hari yang tanpa Anda sadari bisa juga menimbulkan keriput di wajah. Pasalnya, semakin lama Anda membiarkan kebiasaan-kebiasaan ini, maka semakin cepat pula wajah dipenuhi oleh keriput.

Jadi, yuk ketahui lima kebiasaan sehari-hari yang ternyata dapat menimbulkan keriput di wajah :

Menggosok Mata
Setiap merasa mengantuk atau pegal, Anda mungkin tanpa sadar menggosok mata. Kebiasaan ini sebaiknya dihindari kalau Anda tidak ingin cepat keriput.

Ahli Bedah Dermatologis asal New York, Sejal Shah, menjelaskan jika kulit di sekitar mata sangat sensitif dan rawan kerusakan. Menggosok area sensitif tersebut dapat menarik kulit dan meluruhkan kolagen serta elastin. Akibatnya, kulit akan mudah keriput. Semakin sering Anda melakukannya, semakin rawan kulit di sekitar mata mengalami keriput.

Menunduk
Ketika menggunakan ponsel atau gadget sepanjang hari, seringkali cara Anda memandang layar ialah dengan menunduk. Tidak hanya sekali, berulang-ulang Anda mengulangi gerak menunduk karena perhatian teralihkan.

Lalu Anda menunduk dalam waktu lama ketika bermain gadget. Hal ini ternyata dapat mengakibatkan keriput dan garis-garis halus muncul di sekitar leher. Kondisi ini dikenal oleh dermatologis sebagai tech neck, atau penggunaan teknologi yang menimbulkan keriput pada leher.

Menopang Wajah dengan Tangan
Pernahkah Anda duduk kemudian menopang dagu dengan tangan?. Ini sering Anda lakukan tanpa sadar, seperti saat serius menonton TV, atau ketika mengobrol dengan orang lain.

Sepanjang hari, bisa jadi Anda melakukannya berulang kali. Walau tidak kelihatan berbahaya, gerakan ini bisa mengakibatkan munculnya keriput pada kulit.

Baca Juga : Jangan Salah Kaprah, Ini 5 Mitos tentang Keriput yang Perlu Anda Ketahui

Shah memaparkan saat Anda menopang wajah dengan tangan, maka akan terjadi tekanan pada permukaan wajah. Ini dapat mengakibatkan kerutan dan lipatan, lalu kulit pun semakin lama akan semakin mengikuti bentuk kerut tersebut jika Andas sering melakukannya.

Mengonsumsi Gula Berlebihan
Coba hitung berapa kali Anda mengonsumsi makanan atau minuman dengan pemanis tambahan hari ini. Gula memang dikenal sebagai cara paling cepat membangkitkan energi. Apalagi rasa manis yang dimiliki gula memang enak, terlebih bagi Anda yang menggemari rasa manis.

Makanan manis ternyata salah satu pemicu keriput. Konsumsi gula berlebih akan menimbulkan formasi glikasi. Kondisi ini dapat membahayakan kolagen dan elastin, akibatnya ialah muncul keriput di wajah serta kulit yang kehilangan kelenturannya.

Tidur Tengkurap
Menurut Shah, saat Anda tidur dengan posisi tengkurap, wajah Anda menekan bantal. Selama tidur berjam-jam, wajah Anda berkerut saat menekan bantal. Efeknya, kerutan itu pun akan bertahan di wajah Anda.

Baca Juga : Konsumsi Makanan Ini Secara Rutin, Kulit Anda Akan Bebas dari Keriput

Selain itu jika Anda tidur dalam posisi tengkurap, semakin mudah pula mata Anda bengkak. Sebab posisi tidur tengkurap menyulitkan tubuh untuk mengeluarkan cairan berlebih.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.