5 Khasiat Bunga Dandelion Bagi Kecantikan

Avatar of PortalMadura.com
5 Khasiat Bunga Dandelion Bagi Kecantikan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Siapa yang tidak mengenal ? Hampir setiap orang mengetahui bunga ini. Sebab bunga dandelion terkenal akan filosofinya yang sangat dalam. Di beberapa wilayah Indonesia, sebagian masyarakat mungkin lebih mengenalnya dengan nama bunga randa tapak.

Menariknya, dandelion pertama kali ditemukan di wilayah Eropa dan Amerika bagian Utara. Namanya diambil dari Bahasa Prancis, yang memiliki arti gigi singa. Sejak zaman dahulu, banyak masyarakat Eropa telah menjadikan bunga ini sebagai bahan pengobatan herbal berkat vitamin A, D, E, C, B kompleks, serta beberapa zat bermanfaat lain yang terkandung di dalamnya.

Selain itu, bunga dandelion yang juga banyak mengandung mineral ini ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kecantikan. Penasaran apa saja manfaat dandelion untuk kecantikan? Yuk, simak penjelasan berikut.

Merangsang Produksi Kolagen
Dandelion merupakan bunga yang kaya akan kandungan anti-oksdian. Bunga ini memiliki kemampuan untuk merangsang produksi kolagen pada kulit berkat kandungan Vitamin C dan E yang dimilikinya. Selain itu, kandungan ini juga diketahui sangat bermanfaat untuk mencegah efek buruk dari radikal bebas yang mengakibatkan timbulnya tanda-tanda penuaan dini.

Baca Juga : Obat Mujarab: Dalam 48 Jam Akar Dandelion Mampu Bunuh Sel Kanker

Menjaga Kelembapan Kulit
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dandelion mengandung berbagai mineral yang menyimpan berbagai manfaat kecantikan, salah satunya untuk membantu memberikan hidrasi pada kulit. Bila Anda rutin menggunakan produk skin care berkandungan dandelion, jangan heran jika kulit akan senantia terjaga kelembapan dan hidrasinya. Selain itu, beberapa kandungan mineral yang ada dalam bunga ini juga dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi pada jaringan tisu kulit, lho.

Mencegah Infeksi pada Kulit
Selain kaya akan kandungan mineral dan vitamin, dandelion juga mengandung polifenol yang bersifat sebagai anti-inflamasi. Nah, rupanya zat inilah yang dapat membantu mencegah terjadinya infeksi kulit. Selain itu, bunga ini juga memiliki zat anti bakteri untuk mengobati penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi mikroba atau jamur.

Mengurangi Pertumbuhan Jerawat
Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah meningkatnya jumlah racun di dalam tubuh. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Maryland, meminum teh bunga dandelion dapat membantu mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, dandelion memiliki kandungan Fitronutrienyang berfungsi untuk membantu tubuh dalam mengeluarkan tumpukan racun melalui sistem pencernaan.

Mengatasi Masalah Kekusaman
Kandungan Fitronutrien dalam bunga dandelion tak hanya sekadar bisa dimanfaatkan untuk detoksifikasi kulit dan tubuh, tapi juga bermanfaat untuk melenyapkan sel-sel kulit mati. Selain itu, menurut sebuah penelitian, ekstrak dandelion juga bisa membantu untuk meregenerasi sel kulit dan menyamarkan noda hitam pada wajah. Dengan demikian, kulit pun akan terbebas dari masalah kekusaman.

Itulah beberapa bagi kecantikan. Semoga Bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.